Yang akan dibahas kali ini adalah bagaimana menerapkan Total Quality Management (TQM) dalam bisnis internet?
Saya terinspirasi menulis hal ini bermula setelah membaca postingan Mas Khery Sudeska berjudul Kunci Memenangkan Persaingan Bisnis Secara Sehat. Saya ingin berbagi hal ini karena menurut saya sudah saatnya pebisnis internet mengelola bisnis internet lebih profesional.
Definisi TQM (Total Quality Management) sendiri kata Wikipedia adalah strategi manajemen yang ditujukan untuk menanamkan kesadaran kualitas pada semua proses dalam organisasi. Secara sederhana, TQM dalam bisnis internet bisa dijelaskan sebagai sebuah upaya untuk mengajak seluruh anggotanya agar selalu berupaya meningkatkan kualitas dalam seluruh proses bisnis yang dijalankan.
Konsep TQM (Total Quality Management) merupakan sebuah sistem yang terintegrasi yang menggunakan strategi, data, dan komunikasi efektif untuk mengintegrasikan prinsip-prinsip kualitas ke dalam budata dan aktivitas organisasi.
Nah, penerapan prinsip-prinsip TQM (Total Quality Management) dalam bisnis internet sendiri seperti apa?
Berikut beberapa pemikiran saya soal prinsip TQM dalam bisnis internet:
- Fokus pada Konsumen. Apapun yang anda lakukan atau ACTION apapun yang anda jalankan, yang jelas juri akhir yang menentukan apakah yang anda lakukan itu meningkatkan kualitas atau tidak adalah konsumen. Jadi meski anda sudah bersusah payah merombak produk anda misalnya, menghadirkan versi terbaru produk anda, tapi jika konsumen tidak merasakan ada suatu hal yang bermanfaat, hal itu tidak ada artinya. Karena itu, biasakan setiap anda melakukan sesuatu tanyakan apakah ini bermanfaat bagi konsumen saya? Apakah jika saya terapkan ini, akan lebih memudahkan konsumen?
- Mengedepankan Mutu. Dalam setiap rancangan perencanaan bisnis internet, pertimbangan kualitas dinomorsatukan.
- Satu Visi-Misi. Setiap elemen dalam organisasi bisnis tersebut mengerti misi dan visi yang dituju. Kesatuan misi dan visi ini akan memudahkan untuk bergerak bersama menuju satu tujuan.
- Berdasar Fakta. Pengambilan keputusan untuk strategi dalam bisnis internet, didasarkan pada fakta dan bukan hanya karena dugaan semata. Mungkin kalau sedikit cerita, kira-kira analoginya seperti ketika Mas Irwan M Santika mengambil keputusan pasti untuk berbisnis internet. Penghasilan Mas Irwan yang sebetulnya sudah lumayan dari pekerjaan offline ditinggalkan, dan beralih pasti menekuni bisnis internet.
- Peningkatan Kualitas Berkelanjutan. Selalu mencari cara bagaimana agar proses bisnis internet yang dilakukan bisa menjadi lebih efektif.
Bagaimana menurut anda?
www.jokosusilo.com
0 komentar:
Posting Komentar