toko-delta.blogspot.com

menu

instanx

Selasa, 11 November 2008

Dinosaurus, di Mana Dikau Berada?

Oleh: Hari Subagya

“Every human has four endowments - self awareness, conscience, independent will and creative imagination. These give us the ultimate human freedom... The power to choose, to respond, to change.”
-- Stephen R. Covey

Sahabat sukses, kalau anda saya tanya di mana dinosaurus sekarang berada, apa jawaban anda? Anda akan menjawab "Sudah punah." Kalau saya tanya di mana macan india, macan jawa, atau jenis-jenis binatang kuat dan perkasa lainnya, saya yakin jawaban anda adalah "Sudah Punah, atau hampir punah" sehingga anda jarang melihatnya kecuali di TV atau di kebun binatang.

Apa pelajaran yang dapat kita ambil dari hal ini. Ternyata besar dan kuat tidak menjamin kita menjadi bisa bertahan. Dinosaurus adalah jenis binatang yang sangat kuat. Tidak ada makluk di muka bumi ini yang berani melawan dan mampu mengalahkannya. Lalu mengapa dinosaurus punah?

Jawabanya adalah PASTI, hanya makluk yang bisa beradaptasi lebih baik yang bisa bertahan. Dalam hal ini, manusia adalah salah satu jenis makluk yang paling bisa beradaptasi. Kuat bukan sebuah jaminan, IQ juga bukan jaminan. Kalau anda ingin survive maka CHANGE adalah garansi, anda akan menjadi orang terakhir yang "punah".

Sahabat sukses, segala sesuatu berubah. Cara makan, cara bicara, jenis makanan, alat yang digunakan, selera, teknologi dan hampir semuanya berubah. Apa akibatnya bila anda tidak menjadi orang yang adaptif dan susah berubah serta enggan melakukan perubahan?

ANDA AKAN TERSINGKIR
Salah satu ciri orang yang susah berubah, adalah orang yang malas belajar. Sudah merasa senang di zona nyaman, berfikir kalau segala sesuatunya stabil, tidak memiliki cita-cita yang tinggi, takut terhadap tantangan dan tidak berani mengambil risiko. Masih banyak lagi ciri dan hal-hal yang bisa membuat orang susah untuk berubah.

Belajar adalah salah satu yang paling mempengaruhi orang berubah, tumbuh dan maju. Karena dengan belajar akan terbangun "Kegelisahan positif" untuk melakukan perubahan-perubahan, perbaikan perbaikan dan menjadikan kehidupannya menjadi dinamis dan menarik.

Apakah anda jenis "dinosaurus" yang kuat dan perkasa, namun punah paling pertama? Mungkin anda masih ingat konglemarat-konglomerat yang ternyata bisnisnya hancur dan bangkrut duluan. Mungkin juga anda ingat pembesar-pembesar yang merasa aman dan nyaman, ternyata terpuruk dan menjadi bulan-bulanan media, bahkan sampai sekarang masih menjadi tahanan, atau boronan.

Sahabat sukses, sebaiknya kita mulai menyiapkan diri untuk perubahan, memulai membangun diri menjadi manusia dan pribadi yang siap terhadap perubahan dan jika anda ingin lebih dan berkontribusi, jadilah agen-agen perubahan dalam diri, keluarga, perusahaan atau organisasi organisasi anda. Agar kita bisa menjadi manusia yang lebih bisa memiliki kemampuan bertahan. Lebih tumbuh. Lebih maju.

Have a fantastic day! Salam Perubahan buat anda, dan tinggalkan secara bertahap sifat-sifat dinosaurus yang ada pada diri kita. Sukses untuk anda!

Hari ini adalah hari pertama dalam sisa hidup kita, maka hari ini adalah hari yang paling baik untuk mulai belajar dan mulai perubahan-perubahan itu. Semoga bisa membangun kegelisahan anda untuk berubah dan terima kasih bila anda mau memberitahu teman anda tentang http://www.pembelajar.com pada teman dan sahabat, karena berarti anda sudah mulai menjadi agen-agen perubahan.

Salam Perubahan!

* Hari Subagya adalah penulis buku laris Time To Change

0 komentar:

toko-delta.blogspot.com

Archives

Postingan Populer

linkwithin

Related Posts with Thumbnails

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.