toko-delta.blogspot.com

menu

instanx

Minggu, 09 Januari 2011

Bagaimana Mendapatkan Kepercayaan dari Calon Pembeli?


Kepercayaan itu vital dalam bisnis. Rasa percaya berkaitan dengan kemajuan bisnis internet anda. Makin tinggi kepercayaan konsumen, makin berkibar bisnis internet anda. Saya telah membuktikannya. Sejak blogging setahun lalu, profit bisnis internet saya meroket sampai 500 %. Bukti lengkapnya bisa anda baca di Rahasia Blogging.
Lantas bagaimana mendapatkan kepercayaan dari konsumen?
Konsumen akan percaya percaya jika anda memang layak dipercaya. Kemampuan atau keahlian anda menjadi pertimbangan di satu sisi. Di sisi lain yang mereka lihat adalah bukti. Seberapa jauh anda telah membuktikan kepakaran anda lewat hasil nyata.
Percuma saja anda menjelaskan panjang lebar kepada konsumen namun tak ada bukti yang anda sampaikan. Mereka akan sulit mempercayai anda. Seolah ada benteng yang memisahkan antara konsumen dengan anda.
Nah, tugas anda adalah merobohkan benteng tersebut. Alat pertahanan diri konsumen bisa anda taklukkan jika anda menerapkan langkah-langkah berikut. Yang saya sampaikan di sini hanyalah prinsip dasar. Anda bisa mengolah dan mengembangkannya dengan kreativitas anda. Juga berdasar pengalaman anda tentunya!
Silakan disimak cara mendapatkan kepercayaan konsumen berikut:
  • Berikan Produk yang Bernilai. Produk berkualitas yang sarat informasi yang dibutuhkan target market mutlak harus anda miliki. Tanpa produk yang bernilai di mata pengunjung, tentu sulit mendapat kepercayaan mereka. Maka sebelum membuat produk, anda perlu tahu jenis informasi yang dibutuhkan target market anda. Untuk itu anda perlu melakukan riset pasar.
  • Bukti. Beri bukti kalau produk anda itu berhasil. Cara memberikan bukti bisa dengan menampilkan hasil yang anda dapat. Juga sampaikan kesaksian dari orang-orang yang telah memperoleh manfaat produk anda.
    “Kalau bagi yang baru terjun ke bisnis internet bagaimana menampilkan testimoni?” Tempo hari ada yang bertanya begitu. Jika memang belum ada testimoni dari konsumen, tentu tak perlu anda cantumkan. Cukup tampilkan hasil yang anda capai selama ini.
  • Biarkan Prospek Menguji Anda. Jangan terlampau bernafsu anda langsung menghasilkan penjualan hanya dari satu kali follow up. Memang ada kalanya hal itu terjadi. Namun sering kali penjualan baru berhasil setelah beberapa kali follow up. Karena itu anda tak perlu kesal kalau prospek melontarkan banyak pertanyaan pada anda. Biarkan mereka menguji kemampuan anda. Agar mereka sungguh mempercayai anda. Kalau mereka percaya, yakin sajalah mereka tak akan lari kemana.
    Saat menghadapi komplain pun anda tak perlu turun semangat. Seperti kata Mas Sumartono di sini,  ada dua strategi alternatif besar terkait komplain.
  • Komunikasi Lancar. Lancarnya proses komunikasi anda dan calon pembeli berperan besar terhadap terbangunnya rasa percaya. Blog bisa menjadi senjata ampuh membangun dan memperlancar komunikasi bisnis anda. Lewat artikel, anda bisa berkomunikasi dengan konsumen dan memperteguh reputasi anda. Dengan berkomentar, blogwalking, trackback, dan lainnya anda bisa memperlancar proses komunikasi. Mengenai rahasia membangun blog sukses spektakuler dalam waktu sekejap bisa anda dapatkan di Rahasia Blogging.
Keempat cara di atas mungkin terlihat biasa saja dan sudah sering anda dengar. Tapi coba baca kembali, PAHAMI dan ACTION-kan. Hasilnya saya yakin akan berpengaruh telak terhadap bisnis internet anda.
Anda punya pengalaman soal meraih kepercayan konsumen? Atau mau menambahkan tips lainnya? Mari bagikan di sini agar rekan-rekan yang lain juga bisa belajar dari anda.
Salam ACTION!
www.jokosusilo.com

Inilah 10 Tips agar Anda Lebih Bahagia Saat Berbisnis Online


Aktivitas dan jadwal yang padat kadang mudah mendatangkan stres pada diri kita. Akibatnya pekerjaan yang kita lakukan menjadi tak maksimal dan berpengaruh pada kualitas pekerjaan. Sekalipun anda berbisnis online, yang bekerja hanya di depan komputer, namun rasa stres itu bisa saja menjangkiti.
Lalu bagaimana?
Untuk sukses, kita tak harus stres. Sukses bisa kita raih dengan penuh kegembiraan. Rasa riang dan bahagia justru memperbesar peluang kita untuk sukses. Sebab rasa bahagia merupakan cara terdahsyat meningkatkan produktivitas kita. Dan produktivitas merupakan penentu kesuksesan.
Dengan berbahagia, kita akan merasa senang menjalankan aktivitas itu. Dengan merasa happy, kita akan merasa nikmat melaksanakan pekerjaan kita. Sehingga hasil pekerjaannya menjadi maksimal. Rasa bahagia juga membangkitkan energi kreatif dalam tubuh anda. Ide-ide baru untuk pengembangan bisnis online anda akan terus bermunculan. Rasa bahagia juga akan merangsang pikiran anda menjadi lebih terbuka. Sehingga ilmu dan pelajaran baru bisnis online lebih mudah terserap.
Rasa senang juga membangkitkan sikap optimis bahwa bisnis online anda akan berhasil. Anda akan terus bersemangat dan menikmati setiap prosesnya.
Ok. Tapi bagaimana caranya agar sepanjang waktu kita selalu dilingkupi perasaan senang dan bahagia?
Berikut ini beberapa tipsnya:
  1. Bangun Mental Positif dalam Diri Anda. Mental positif berpengaruh besar bukan hanya pada bisnis online anda, tapi pada jalan hidup anda selanjutnya. Setahu saya setiap pebisnis online sukses selalu bermental positif. Mereka selalu mengembangkan sikap, pikiran, dan perasaan positif dalam hidupnya.
  2. Visualisasikan Tujuan Bisnis Anda. Dengan mengetahui tujuan anda, anda memiliki target yang jelas. Ini akan membantu anda lebih bersemangat untuk mencapai tujuan itu. Setiap anda merasa sedang kendor semangatnya, coba lihat kembali tujuan bisnis anda. Itu akan membuat anda lebih bersemangat dan berbahagia menjalaninya.
  3. Senyumlah. Bekerjalah sambil tersenyum. Senyuman tersebut akan merangsang seluruh anggota tubuh anda untuk merasa bahagia. Anda bisa mencobanya sekarang juga. Rasakan perbedaan suasana hati anda saat anda senyum dan saat anda cemberut. Mengenai manfaat tersenyum, coba baca di blog AndinaElegance.
  4. Lakukan Pekerjaan yang Anda Sukai Setiap Hari. Misalkan anda suka blogwalking, pastikan kegiatan tersebut tak anda lewatkan. Karena pekerjaan yang anda sukai itu akan menyalurkan rasa bahagia pada pekerjaan-pekerjaan selanjutnya.
  5. Mulai dari Pekerjaan yang Termudah. Melakukan pekerjaan yang termudah akan membantu membangkitkan semangat anda.  Memulai pekerjaan dari yang termudah akan membuat anda lebih bersemangat menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan berikutnya.
  6. Selesaikan Pekerjaan Satu Persatu. Selesaikan pekerjaan anda satu persatu. Dan nikmatilah! Dengan begitu setiap pekerjaan yang harus anda selesaikan bisa selesai dengan maksimal.
  7. Rayakan Keberhasilan Anda. Setiap prestasi yang anda raih, anda perlu merayakannya. Merayakan keberhasilan merupakan cara menghargai kerja keras anda. Rayakanlah bersama orang-orang di sekeliling anda.
  8. Salurkan Kebahagiaan Anda pada Orang Lain. Kebahagiaan itu bisa menular. Mengabarkan kebahagiaan anda pada orang lain bisa ikut manambah kadar bahagia di hati anda.
  9. Katakan Kalau Anda Bahagia. Setiap anda bangun pagi, katakan dengan tegas beberapa kali “saya bahagia hari ini!” Perkataan tersebut sebagai stimulus awal yang akan menyadarkan tubuh anda kalau anda tengah bahagia.
  10. Selalu Niatkan untuk Membantu Orang Lain. Apapun jenis bisnis online anda atau apapun produk atau jasa yang anda tawarkan, selalu niatkan untuk membantu orang lain. Dengan niat seperti itu akan lebih mendatangkan ketentraman bagi diri anda.
Melakukan ke-10 tips di atas bisa mendorong diri anda menjadi lebih bahagia. Dan yang jelas, untuk berbahagia tak harus menunggu hal-hal di luar diri anda menjadi seperti yang anda harapkan, seperti mungkin traffic yang meningkat tajam, atau mungkin penjualan yang meningkat. Karena kebahagiaan sejati itu pada hakikatnya bersumber dari dalam diri anda sendiri.
So, apakah anda sudah bahagia hari ini?
www.jokosusilo.com

Bagaimana Membuat Brand Produk Anda Menjadi Top of Mind di Benak Konsumen?


Dalam ilmu marketing ada istilah “top of mind”. Top of mind maksudnya brand produk yang nancap nomer satu di benak konsumen. Ketika orang menyebut nama umum produk tersebut, yang langsung kita ingat adalah brand tersebut. Contoh, dulu ketika menyebut sepeda motor, top of mind-nya adalah Honda. Sekarang Yamaha juga lumayan sukses menjadi top of mind.
Nah mengenai top of mind itulah yang akan kita bahas kali ini. Bagaimana membuat produk anda menancap menjadi top of mind di benak konsumen. Mari kita mulai saja…
Sering kali top of mind berkaitan dengan market share atau penguasaan pasar. Sebuah brand produk yang menguasai pasar biasanya menjadi top of mind. Karena itu, pemilik produk biasanya selalu berusaha menggenjot penjualan. Maka beragam cara promosi dilancarkan. Target market dibombardir dengan promosi dari segala arah.
Kalau di bisnis internet, promosi online berbayar lewat iklan PPC, promosi gratis, dan promosi lewat blog dilancarkan. Bukan itu saja, promosi offline pun ikut dirambah. Belum cukup? Teknik SEO pun diperdalam agar bisa merajai hasil pencarian di search engine.
Maka benar apa kata Mas Hengky kalau menjadi pebisnis internet butuh banyak amunisi dan jurus. Tidak cukup tahu blogging saja, namun juga ilmu copywriting, dan lainnya. Namun enaknya itu semua bisa dipelajari sambil menekuni bisnis internet yang resikonya boleh dibilang relatif kecil. Makin lama kita menggeluti bisnis internet, makin dalam ilmu yang kita miliki.
Di samping lewat promosi, pencapaian top of mind sebuah brand produk berkaitan dengan kemampuan membangun hubungan yang kuat dengan konsumen. Interaksi dengan konsumen kembali menjadi syarat mutlak. Ibaratnya pemilik produk seolah selalu berada di samping konsumen.
Namun kedua upaya tadi bisa kurang berhasil mencapai top of mind bila tak didukung kuatnya identitas brand. Berikut ini beberapa kriteria yang patut anda pertimbangkan ketika memilih identitas brand produk anda:
  • Mudah diingat. Kalau bisa sekali mendengar/membaca, konsumen langsung ingat brand produk anda. Karena itu, brand produk sebaiknya tak terlalu panjang. Pemilihan nama brand produk sama pentingnya seperti saat anda memilih nama domain situs web.
  • Berkaitan. Brand produk anda berkaitan dengan produk yang anda tawarkan. Misalnya produk anda untuk menghilangkan masuk angin, brand-nya ada embel-embel kata “angin”-nya. Tujuannya juga untuk memudahkan konsumen menghubungkan brand anda dengan masalah yang sedang anda hadapi.
  • Fleksibel. Artinya brandnya bisa terus dikembangkan. Selalu terbuka kemungkinan memperbaiki produk anda secara terus-menerus. Cara ini juga dimaksudkan untuk  menjaga eksistensi produk anda.
Nah, untuk menjadi top of mind mulailah dengan membuat identitas brand yang kuat lalu lakukan kedua upaya tadi. Yaitu menggenjot promosi dan menguatkan hubungan dengan konsumen.
Baiklah… bagaimana menurut anda? Silakan sampaikan komentar anda dan mari kita diskusikan.
Oh ya, kalau top of mind untuk reseller FormulaBisnis siapa ya? :-)
www.jokosusilo.com

SEO Dasar untuk Blog yang Wajib Anda Tahu (Bagian 2)


Melanjutkan posting sebelumnya, kali ini akan kita bahas tips-tips SEO dasar lainnya. Sebelumnya saya jelaskan kalau penempatan kata kunci (keyword) dalam posting sangat penting untuk menunjang posisi blog anda di search engine. Di luar itu, masih banyak tips-tips SEO  dasar lain yang berguna menunjang posisi blog anda.
Silakan langsung disimak saja…
Yang pertama adalah pentingnya pembuatan kategori dalam blog. Adanya kategori memudahkan pengunjung dan robot search engine untuk mengetahui struktur isi blog anda. Karena itu, memiliki kategori di blog sangat penting. Pemilihan nama kategori pun tak boleh sembarangan. Selain dikaitkan dengan konsep content blog anda, nama kategori yang dipilih sebaiknya memang merupakan keyword sehingga ikut mendukung aktivitas SEO anda.
Bagi anda yang baru mulai membuat blog, sebaiknya pula jangan terlalu bernafsu untuk memilih keyword yang tingkat persaingannya sangat tinggi. Pilih saja keyword yang persaingannya sedang-sedang saja dan jadikan sebagai nama kategori. Namun perlu diingat tetap harus berkaitan dengan konsep content blog anda.
Selain itu, tips SEO lainnya adalah hubungkan setiap postingan anda dengan posting-posting sebelumnya. Link-link tersebut juga ikut diperiksa spider search engine. Intinya, jangan pernah biarkan setiap posting anda sendirian alias tak memiliki tautan ke postingan anda sebelumnya.
Di blog berplatform Wordpress seperti yang saya rekomendasikan di Rahasia Blogging, bisa juga dengan menggunakan plugin related post. Plugin tersebut anda akan membantu memunculkan posting yang berhubungan di akhir postingan. Contohnya, seperti di akhir posting ini, anda akan temukan posting lain yang berhubungan dengan posting ini.
Penamaan judul halaman blog (bukan judul posting) juga sangat penting dalam SEO. Biasanya, judul halaman blog berisi keyword-keyword utama yang anda bidik dan sering menjelaskan gambaran umum keseluruhan isi blog anda. Untuk mengubah judul halaman, di Wordpress ada banyak plugin yang bisa membantu. Salah satu yang paling populer adalah SEO Title Tag.
Oh ya, anda juga bisa manfaatkan program analisa web. Gunanya supaya anda tahu siapa saja yang melakukan link ke blog anda, posting apa yang mereka link-kan, dan keyword apa yang mereka pakai sampai bisa datang ke blog anda.
Di Wordpress, sebetulnya lebih mudah karena langsung bisa dilihat di statistik. Namun bagi anda yang menggunakan blogger tak perlu khawatir, anda bisa gunakan Google Analytics. Cuma kekurangannya kadang membuat waktu akses membuka blog anda menjadi agak lambat. Panduan memakai Google Analytics, bisa dibaca di Blog Bisnis Online Zam-Sy.
Tips SEO dasar lainnya? Coba simak juga kata jutawancerdas.
Namun, sekali lagi, yang penting fokuslah pada pengunjung blog anda terlebih dulu. Karena sekali mereka terpikat dengan isi blog anda, seterusnya mereka akan langsung datang tanpa perlu lewat perantara search engine.
Bagaimana komentar anda? Silakan tuangkan di sini dan mari kita berdiskusi…
Salam ACTION!
www.jokosusilo.com

SEO Dasar untuk Blog yang Wajib Anda Tahu (Bagian 1)


Penerapan search engine optimization (SEO) untuk blog agak berbeda dengan situs web. Pasalnya, kita harus menyesuaikan dengan karakter blog yang memang memiliki beberapa perbedaan dengan situs web. Karena itulah saya suguhkan tulisan ini buat anda para pemilik blog.
Yang saya sampaikan di sini merupakan SEO dasar yang patut anda terapkan untuk blog anda. Teknik lebih mendalam mengenai SEO untuk blog, saya jelaskan lengkap di Rumusan Rahasia Blogging. Dengan melakukan teknik SEO dasar ini pun cukup membantu perkembangan blog anda.
Baiklah, mari kita mulai saja…
Sebelumnya, saya jelaskan terlebih dulu mengenai beberapa karakter utama blog.
  • Rajin diupdate. Blog apapun harus rajin di-update. Pengunjung dan search engine lebih senang terhadap blog yang rajin di-update.
  • Interaktivitas. Komunikasi lewat blog berlangsung secara interaktif antara anda dan pengunjung blog anda. Adanya kotak komentar, feed reader, RSS, dan banyak fasilitas lain memudahkan lancarnya jalinan interaktivitas ini.
Nah, untuk itu anda perlu pahami terlebih dulu kedua karakter utama tadi. Memahami kedua karakter tadi dan mengupayakan segenap elemen blog anda bisa memenuhinya bisa meningkatkan kemajuan blog anda.
Kemudian dalam SEO, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah penempatan keyword (kata kunci). Dalam postingan, pastikan keyword ada di judul. Selain di judul, tempatkan pula keyword di beberapa bagian paragraf awal. Contohnya  silakan baca kembali bagian awal blog ini. Coba tebak keyword apa yang saya pakai untuk posting ini dan berapa kali muncul? :-)
Namun begitu, meski anda memasukkan sejumlah keyword, pastikan tulisan anda tak menjadi janggal, tapi tetap enak dinikmati. Jangan karena terlalu SEO-minded, maka mengorbankan kenyamanan pengunjung membaca konten blog anda. Kalau sampai pengunjung yang membaca tulisan anda merasa aneh dengan susunan kalimatnya dan menjadi tak nyaman menikmatinya, harapan anda untuk meningkatkan traffic justru bisa berbuah sebaliknya.
Yang penting, utamakan pengunjung terlebih dulu. Setiap menulis content tujukan selalu buat pengunjung anda dan bukan untuk robot search engine. Sebab kalau pengunjung anda suka dengan tulisan anda, mereka akan langsung berkunjung tanpa lewat search engine. Sangat mungkin pula mereka akan menautkan link ke blog anda. Dan itu sangat membantu perkembangan blog anda. Mengenai hal ini pernah juga saya diskusikan bersama Madhysta di blognya Mas Arief.
Baiklah, pembahasan SEO dasar untuk blog, saya lanjutkan di posting berikutnya. Anda punya pendapat? Saya nantikan komentar anda…
www.jokosusilo.com

RahasiaBlogging.com Diluncurkan!


Alhamdulillah… Setelah 3 bulan, siang dan malam duduk membeku di depan komputer, hari ini…. Rabu, 4 Februari 2009 website baru RahasiaBlogging.com saya luncurkan. Sebuah rumusan yang saya beri nama Rumusan Rahasia Blogging sekarang sudah bisa anda miliki. Paket 7 Modul yang akan memandu anda membangun blog yang jauh lebih sukses dari sekarang ini.
Jika anda bertanya, kenapa saya memilih tanggal ini, jawabannya adalah: hari ini adalah hari jadi pernikahan kami yang ke-5. Mohon doanya semoga pernikahan kami tetap langgeng, tetap saling mencintai dan menghargai satu sama lain. Amin.
Buat Dyan istriku, I love you so much. Terimakasih telah sabar mendampingi dan mensupport aku hingga 5 tahun ini.  Buat Adhimas dan Dewangga anak-anakku… I Love U all. Maafkan Ayah 3 bulan ini kalian tidak bisa lebih leluasa main-main dengan ayah. Marahin kalian jika saat mengganggu (minta perhatian) ayah ketika ayah sedang mengetik. Setelah ini, kita akan lebih sering jalan-jalan. Ayah janji. Mau setiap hari juga boleh, bukan hanya setiap minggu seperti yang sudah-sudah. You are the best thing in my life!
Buat rekan-rekan semua, silakan akses http://www.RahasiaBlogging.com sekarang juga. Pelajari apa yang saya tawarkan. Dan sebelum order… tetapkan dalam hati anda bahwa hari ini adalah hari kebangkitan anda di dunia blogging. Persis seperti slogan kita, Stop Dreaming Start Action! Setelah anda pelajari materinya, segera lakukan tindakan nyata.
Bagi anda para member FormulaBisnis.com, saya tetap mengistimewakan anda. Saya beri diskon khusus untuk anda. Form pemesanan bisa anda temukan di Member Area.
Selamat membaca, dan saya tunggu komentar anda.
www.jokosusilo.com

RahasiaBlogging.com Diluncurkan!


Alhamdulillah… Setelah 3 bulan, siang dan malam duduk membeku di depan komputer, hari ini…. Rabu, 4 Februari 2009 website baru RahasiaBlogging.com saya luncurkan. Sebuah rumusan yang saya beri nama Rumusan Rahasia Blogging sekarang sudah bisa anda miliki. Paket 7 Modul yang akan memandu anda membangun blog yang jauh lebih sukses dari sekarang ini.
Jika anda bertanya, kenapa saya memilih tanggal ini, jawabannya adalah: hari ini adalah hari jadi pernikahan kami yang ke-5. Mohon doanya semoga pernikahan kami tetap langgeng, tetap saling mencintai dan menghargai satu sama lain. Amin.
Buat Dyan istriku, I love you so much. Terimakasih telah sabar mendampingi dan mensupport aku hingga 5 tahun ini.  Buat Adhimas dan Dewangga anak-anakku… I Love U all. Maafkan Ayah 3 bulan ini kalian tidak bisa lebih leluasa main-main dengan ayah. Marahin kalian jika saat mengganggu (minta perhatian) ayah ketika ayah sedang mengetik. Setelah ini, kita akan lebih sering jalan-jalan. Ayah janji. Mau setiap hari juga boleh, bukan hanya setiap minggu seperti yang sudah-sudah. You are the best thing in my life!
Buat rekan-rekan semua, silakan akses http://www.RahasiaBlogging.com sekarang juga. Pelajari apa yang saya tawarkan. Dan sebelum order… tetapkan dalam hati anda bahwa hari ini adalah hari kebangkitan anda di dunia blogging. Persis seperti slogan kita, Stop Dreaming Start Action! Setelah anda pelajari materinya, segera lakukan tindakan nyata.
Bagi anda para member FormulaBisnis.com, saya tetap mengistimewakan anda. Saya beri diskon khusus untuk anda. Form pemesanan bisa anda temukan di Member Area.
Selamat membaca, dan saya tunggu komentar anda.
www.jokosusilo.com

Rahasia Blogging: Rumusan Membuat Blog Sukses Spektakuler


Selama setahun saya mengelola blog ini, sering saya mendapatkan pertanyaan dari pembaca. Pertanyaan inti mereka adalah adakah cara ampuh membuat blog yang sukses, ramai dikomentari, dan menambah income bisnis?
Karena itu, timbul pemikiran saya untuk mempublikasikan rumusan yang telah menjadikan blog JokoSusilo.com hingga seperti sekarang ini. Rumusan ini bisa membuat blog rata-rata menjadi blog sukses spektakuler.
Biar mengobati sedikit rasa penasaran anda, kali ini saya beberkan garis besar isi produk terbaru saya yang tak lama lagi akan diluncurkan.
Anda siap?
Rahasia Blogging ditujukan bagi anda yang ingin memiliki blog sukses spektakuler. Baik anda blogger pemula yang baru mau membuat blog atau anda yang sudah punya blog tapi belum mendapatkan hasil memuaskan.
Mungkin anda bertanya, apa maksudnya blog sukses spektakuler? Blog sukses spektakuler adalah blog yang mampu menjaring traffic tinggi, meraih popularitas, dan melipatgandakan profit dalam waktu (relatif) singkat. Karena bagi saya, percuma saja punya blog bertraffic tinggi namun tak berdampak apapun terhadap profit bisnis.
Sebelum saya susun, rumusan ini sudah saya terapkan sendiri pada blog saya. Dan hasilnya…
  • Traffic blog saya meningkat 10000% dari puluhan menjadi 5.000 pengunjung per hari.
  • Profit bisnis internet yang saya dapatkan meningkat sampai 500%.
  • Memancing ratusan komentar positif dan membangun di setiap posting.
  • Mendobrak 0.1% ranking tertinggi di Alexa, posisi yang sulit dicapai orang.
Dan itu cukup ditempuh dalam satu tahun!
Rahasia Blogging terdiri dari 7 modul serta sejumlah bonus berkualitas. Masing-masing modul menjelaskan tiap tahapan yang anda lalui untuk membuat blog sukses. Dimulai dari modul 1 yang berisi pondasi blogging. Pada modul ini, anda akan dijelaskan bagaimana memulai blogging yang benar agar bisa membuat blog anda populer. Anda juga akan tahu manfaat terpendam dari blogging.
Di modul kedua, berisi tentang perencanaan dan persiapan. Anda akan dituntun langkah awal merancang blog dan mengoptimasinya untuk menghasilkan profit tanpa henti. Di modul selanjutnya berisi tentang konten blog. Anda akan tahu bagaimana menyajikan konten yang disukai pembaca dan membuatnya ketagihan sehingga terus datang berulang-ulang ke blog anda.
Modul empat berisi traffic dasar. Di sini saya beberkan metode yang saya pakai untuk menghasilkan 5.000 pengunjung blog per hari. Pembahasan traffic ini dilanjutkan di modul lima. Dalam modul itu, anda akan tahu bagaimana metode marketing lanjutan mempopulerkan blog anda.
Modul enam berisi tentang monetisasi. Bagaiamana menjadikan blog  anda sebagai mesin pencetak uang. Dan di modul 7, anda akan tahu bagaimana mengelola blog jadi lebih efektif dan produktif.
Cuma itu saja? Tentu tidak! Anda akan mendapatkan sejumlah bonus berkualitas yang akan sangat membantu aktivitas blogging anda untuk menciptakan blog sukses spektakuler.
Nah, anda sudah siap memiliki atau mengubah blog rata-rata anda menjadi blog sukses? Kalau begitu, tunggu tanggal peluncurannya! Rumusan Rahasia Blogging yang tengah saya susun memasuki tahap akhir pengerjaan. Bila tak ada halangan, dalam beberapa hari ke depan, rumusan ini sudah siap menemani anda untuk mengubah blog anda menjadi sukses spektakuler.
Keep ACTION!
www.jokosusilo.com

Inilah 10 Alasan Utama Orang Membeli Produk Anda


Sering saya terima email yang meminta saran mengenai produk yang tengah disiapkan. Dan saya pikir ide-ide yang disampaikan sungguh luar biasa. Banyak lontaran ide segar pembuatan produk yang bahkan tak pernah terbayang sebelumnya. Dengan ide-ide cemerlang itu saya yakin bisnis internet di Indonesia bakal makin semarak.
Masih terkait dengan posting sebelumnya, kali ini saya jelaskan alasan atau motivasi utama orang membeli produk anda. Motif-motif inilah yang sebetulnya membuat produk anda dibeli orang.
Apa sajakah?
  1. Ketakutan. Orang terdorong membeli karena takut. Ketakutan merupakan pendorong orang membeli yang sangat kuat. Contoh, karena takut jelek, perempuan rajin membeli make up dan rutin ke salon. Karena takut sakit, orang jadi rajin berolahraga dan membeli multivitamin. Ketakutan apa lagi lainnya? Orang takut gagal, takut kalau tua hidup sengsara, dan banyak lagi ketakutan lainnya.
  2. Pengakuan. Orang membeli karena ingin dihargai dan diakui. Mereka ingin diterima sebagai bagian dari sebuah kelompok. Pada tingkatan yang lebih tinggi, orang ingin terkenal. Untuk mendapat pengakuan itu, mereka rela berkorban apapun.
  3. Cinta. Cinta juga pendorong pembelian yang sangat kuat. Orangtua rela mengorbankan apa saja demi anak-anak yang dicintainya. Asuransi jadi laris manis karena motif cinta ini.
  4. Menang. Tak ada yang suka disebut pecundang. Semua orang ingin menjadi pemenang. Semua orang ingin jadi yang terbaik. Agar menjadi yang terbaik, mereka menggunakan atau membeli alat terbaik. Agar pintar, mereka belajar di sekolah unggulan. Agar menang balapan, mereka pakai kendaraan terbaik, oli terbaik, teknisi terbaik, ban terbaik, dan semua yang terbaik.
  5. Mengembangkan diri. Orang selalu ingin lebih baik. Mereka bergabung dengan fitness centre agar tubuhnya jadi kotak-kotak. Mereka ikut seminar untuk belajar hal yang membantu mengembangkan dirinya.
  6. Nyaman. Orang selalu ingin kenyamanan. Kursi yang nyaman, kasur yang empuk, sepatu yang enak dipakai, mobil yang enak dinaiki, dan lainnya. Tak ada orang yang mau susah.
  7. Kebutuhan hidup. Orang hidup butuh makan, minum, tempat tinggal, kendaraan, listrik, telepon, pulsa, dan banyak lagi. Bagi pebisnis internet, komputer dan internet juga kebutuhan. “Barang yang membuat kita tak bisa ACTION tanpanya” menjadi alasan utama untuk membeli.
  8. Hasrat berbeda. Orang ingin tak sama dengan yang lainnya. Orang ingin tampil beda. Baju yang dipakai kalau bisa hanya satu-satunya di dunia. Handphone yang dipakai merupakan produk terbaru yang belum dimiliki tetangga.  Hasrat ingin berbeda ini pendorong kuat untuk membeli.
  9. Hasrat berhubungan. Orang selalu berhasrat menjalin hubungan. Baik hubungan keluarga, teman, relasi, pacar, rekan kerja, dan hubungan-hubungan lainnya. Maka tak perlu heran kalau situs web pertemanan termasuk yang paling ramai di internet. Karena tak ada orang yang mau hidup sendiri di dunia.
  10. Kekuasaan. Orang ingin berkuasa. Orang ingin menjadi penguasa. Karena kekuasaan orang rela melakukan apapun bahkan meski kadang tak masuk nalar. Kekuasaan adalah salah satu motif terkuat tindakan manusia.
Kalau produk atau jasa anda mampu mengeksplorasi motif-motif itu, dan anda mampu mengkomunikasikannya secara tepat, niscaya produk anda akan diserbu pelanggan. Semakin banyak motif-motif tersebut masuk dalam unsur produk/jasa anda, dan anda mampu mempromosikan dengan benar, dijamin produk anda akan meledak di pasaran.
Salam ACTION!
www.jokosusilo.com

Kapan Konsumen Memutuskan Membeli Produk Anda?


Apakah anda tahu kapan konsumen memutuskan membeli produk anda? Saya sendiri tidak. Yang saya bisa cuma memperkirakan saja. Bisa jadi yang saya duga membeli, ternyata tidak. Sebaliknya, yang tidak ternyata membeli.
Yang bisa saya upayakan hanya berusaha memberi pelayanan terbaik, menjaga hubungan dengan mereka, dan mengupayakan segala faktor yang mendukung terjadinya penjualan berjalan lancar. Selebihnya keputusan final tetap ada di tangan konsumen.
Nah, soal perilaku konsumen ini, para pakar marketing sering berkata begini: konsumen membeli saat mereka siap membeli dan bukan ketika anda siap menjual. Apa maksudnya?
Maksudnya, tak peduli seberapa baik produk atau layanan anda, calon konsumen tetap tak akan membeli selama mereka belum siap membeli. Sekalipun mungkin mereka selama ini telah menjadi konsumen anda, kalau mereka belum siap membeli lagi, penjualan tak akan terjadi.
Penyebab ketidaksiapannya bisa bermacam-macam. Mungkin mereka sedang kesulitan keuangan. Atau bisa saja harus memprioritaskan membeli susu buat anak mereka dan membayar uang sekolah. Barangkali juga cicilan kredit sedang jatuh tempo, dan banyak lagi penyebab yang menurut mereka penting dan perlu didahulukan.
Dalam kondisi semacam ini, sebaik apapun produk anda, menjadi kurang berarti. Karena tak didukung kemampuan daya beli konsumen. Tapi bukan berarti mereka tak jadi membeli. Mereka hanya menunda saja karena ada kebutuhan lain yang menurutnya lebih mendesak. Tugas kita sebagai pebisnis internet adalah menjaga hubungan sampai masa penundaaan itu berakhir. Sampai ketika mereka mengatakan “Ya saya siap membeli produk anda”, anda selalu siap menyambutnya dengan tangan terbuka.
Contohnya, seperti yang terjadi dengan Mr Mung yang tak langsung bergabung dengan FormulaBisnis. Tapi butuh sekian waktu sampai sampai akhirnya Mr Mung take action. Kisahnya bisa dibaca langsung di sini.
Memang perilaku konsumen kadang sulit ditebak. Bisa saja mereka langsung membeli produk anda pada detik ini juga. Tapi bisa juga tidak. Jika mereka siap, baru mereka membeli. Artinya kita tak tahu kapan konsumen memutuskan membeli. Bisa saja yang kita kira akan membeli, ternyata mendadak ada kondisi darurat yang membuatnya menunda membeli.
Kalau itu yang terjadi, bukan lalu kita meninggalkannya. Tapi sebaliknya kita harus tetap jaga hubungan dengannya.
Maka penting untuk selalu mem-follow up para prospek dan menjaga hubungan dengan para konsumen anda secara rutin. Ya, menjaga hubungan secara kontinu adalah tantangan sekaligus kunci sukses bisnis anda.
Maka, meski FormulaBisnis dihujani ribuan email tiap harinya, belum termasuk SMS dan telepon, kami tetap berusaha melayaninya sebaik mungkin. Menjaga kontak dengan mereka dan menjaga mereka agar tetap dekat dengan kita. Termasuk rutin mengirim artikel terbaru lewat email. Berkunjung ke blog anda dan memberikan dukungan.
Karena kita tak pernah tahu kapan calon konsumen mengatakan “ya saya gabung dengan anda” dan anda harus selalu siap saat waktu itu tiba, maka anda harus selalu ada di “samping” mereka.
Tentu, selain bertanggung-jawab memelihara hubungan baik, kita pun harus belajar mengoptimalkan cara kita berhubungan dengan mereka. Supaya penjualan lebih cepat terjadi, konsumen yang bergabung lebih banyak, dan bisnis internet anda meningkat pesat.
Salam ACTION!
www.jokosusilo.com

Strategi Mujarab Pengembangan Content Demi Profit Melimpah


Anda sudah tahu bagaimana cara paling ampuh mengembangkan konten? Kalau belum, anda wajib tahu. Sebab konten berkaitan erat dengan traffic dan penjualan anda. Konten di situs web dan blog anda mempengaruhi popularitas dan profit anda.
Konkretnya begini, orang akan memberikan alamat email mereka dan sign up di situs web atau blog anda jika mereka suka yang anda tulis. Selama posting artikel anda menarik, informatif, juga inspiratif, saya yakin pengunjung segera bergabung di situs web dan blog anda.
Nah, pengunjung hanya mau membeli produk anda, jika sales letter anda sukses memberikan janji dan keuntungan yang mereka inginkan. Dan, satu lagi produk anda minim resiko. Apalagi untuk situs web membership. Tentang copywriting pernah ditulis memikat oleh Mas Wawan Purnama di sini.
Kalau anda tak memberikan konten yang berbeda, terbaru, dan mendidik setiap kali posting, pelanggan anda akan lari. Maka, jangan menganggap remeh isi blog anda. Semua informasi yang dibutuhkan pengunjung harus anda penuhi.
Untuk memberikan konten yang selalu bermanfaat bagi pengunjung, anda perlu menerapkan strategi. Ini sering disebut content development strategy. Dengan menerapkan strategi pengisian konten, anda bisa memberikan yang diinginkan pengunjung anda.
Mudah saja caranya, cukup pelajari bagaimana menciptakan dan menggunakan konten yang tepat untuk semua posting. Misal, hari ini pengunjung sedang gandrung topik A. Maka berikanlah A. Atau misal, mereka sedang kesulitan dengan problem B, ya beri solusi untuk masalah B.
Untuk lebih memudahkan anda mengembangkan konten, anda bisa gunakan cara berikut ini.
1. Tangkap perhatian pengunjung
Konten apapun yang anda berikan, harus mampu menggaet perhatian pengunjung. Tentunya, dengan memiliki produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, anda tinggal membuat konten yang bisa menarik perhatian mereka.
Sebaik apapun produk anda, jika anda tak bisa mengungkapkannya dengan bagus di konten website, anda akan kalah. Di internet, kekuatan yang anda miliki adalah bahasa gambar dan keajaiban kata-kata.
Kalau anda lemah dalam merayu calon pembeli, pastinya anda kalah dalam persaingan. Maka, segera pikat perhatian pengunjung sesaat setelah mereka memasuki situs web anda. Katakan dengan tegas apa yang anda tawarkan di awal website anda.
2. Tulis artikel ringan dan fokus
Pastikan sales copy anda mudah dimengerti dan to the point. Pakai bahasa yang ringan tapi lugas. Jangan bertele-tele. Kalau anda bisa membuat orang lain kaya dengan produk anda, katakan saja terus terang! Kalau anda bisa membuat orang lain cantik dengan produk anda, ungkapkan langsung!
Jika anda memiliki blog, tulis saja artikel, informatif, tidak bertele-tele. Anda boleh menulis artikel pendek. Pengunjung biasanya lebih menyukai tipe tulisan yang pendek. Tapi, ada pula yang menyukai detail. Sehingga mereka lebih suka dengan artikel panjang. Untuk mengakomodasi semua tipe pengunjung, baiknya anda tak cuma menulis artikel pendek saja. Tapi, tulis juga yang panjang.
Yang penting sesuaikan dengan kebutuhan. Ada banyak jenis artikel yang memperkaya isi blog anda. Dan, jangan lupa, berikan link jika anda mempunyai sumber artikel yang membahas tema anda lebih dalam.
3. Lakukan perubahan
Anda bisa mengubah sales copy anda dalam jangka waktu tertentu. Ingat, setiap sales copy memiliki tingkat keberhasilan yang berbeda. Nah, anda bisa terus mengubah gaya anda. Cari terus yang terbaik. Selama penjualan anda terus meningkat, berarti perubahan anda membawa pengaruh yang baik.
4. Original dan mudah dikenang
Membuat situs web berbeda dari yang lain itu penting. Fungsinya, agar anda punya positioning yang berbeda dari pesaing anda. Timbulkan kesan bahwa anda internet marketer yang berbeda dari yang pernah ada.
Keluarkan ide-ide yang original dan lekatkan citra yang berbeda. Misal, anda punya gaya artikel yang lain dari blog atau situs web lain. Mungkin juga, desain web anda jauh lebih unik, mudah, dan menyenangkan. Pokoknya, anda harus berbeda dari yang lain!
So, sekarang apa yang akan anda lakukan dengan konten anda? Mari kita sama-sama ACTION. Banyak ACTION banyak rejeki!
www.jokosusilo.com

Tak Perlu Tunggu Ide Cemerlang, ACTION-kan Ide Bisnis yang Ada Sekarang!


Coba anda tanyakan pada anak-anak anda yang tahun ini baru masuk Sekolah Dasar. Tanyakan, apa cita-citanya?Saya yakin jawaban yang keluar adalah dokter, pilot, menteri atau bahkan presiden. Mereka memang selalu mengidamkan hal-hal besar.
Tapi sekarang coba tanyakan pada diri anda apa rencana bisnis anda? Apakah sifat jawabannya sama dengan anak-anak anda?
Tentu saja tidak. Anak-anak menjawab sekenanya, sedang anda biasanya menjawab sesuai realitas.
Seorang pebisnis memang harus realistis. Banyak orang, saya harap anda bukan salah satunya, selalu mengidamkan ide-ide besar. Misalnya, dia ingin menaikkan penjualan 100 kali lipat dalam sehari.
Keinginan seperti itu kerap membuat anda terjebak pada sindrom ide besar tanpa ACTION.  Anda mudah terbuai keinginan yang tinggi tanpa usaha mewujudkannya. Sindrom ini bahaya karena bisa membuat anda melamun, bahkan “terbang” melayang terlalu lama dan tak menjejakkan kaki di bumi. Dan itu bisa menjadi penyebab kegagalan bisnis internet anda.
Menaikkan penjualan, apalagi  sampai 100 kali lipat memang keinginan semua pebisnis internet. Tapi jika anda menginginkannya dalam waktu sehari, itu namanya tak realistis. Jangankan menaikkan 100 kali lipat, dua kali lipat saja sudah cukup gemilang.
Bagaimana agar tidak terjebak pada ide-ide besar yang kosong seperti itu?
Sekarang, coba tulislah keinginan anda dalam seminggu mendatang. Dari daftar keinginan itu mungkin anda temukan beberapa keinginan yang tak realistis. Langsung coret saja! Sisakan hal yang menurut anda mungkin anda raih.
Selanjutnya, cermati keinginan yang tersisa. Mana yang bisa anda dapatkan dalam waktu paling dekat, hari ini atau besok. Prioritaskan kegiatan yang paling mungkin anda wujudkan. Rinci tujuan tersebut dengan rencana-rencana kecil. Misalnya, anda ingin memiliki blog sukses spektakuler, mulai saja dari membuat blog.
Nah, lakukan hal itu pada keinginan-keinginan anda yang lain. Buatlah rencana-rencana kecil yang detail untuk mendapatkannya.
Ide-ide sederhana yang anda temukan saat anda menyusun rencana sangat berharga. Jangan anggap remeh ide yang tiba-tiba melintas dalam benak anda. Jika ide itu cepat anda kerjakan, yakinlah suatu saat bisa berubah menjadi ide yang sangat besar untuk menghasilkan uang.
Ini contoh kecil yang sering dialami orang. Saat duduk di meja makan, atau sedang menikmati secangkir kopi, tiba-tiba muncul keinginan mengirim email penawaran pada seorang kenalan. Ketika ide itu melintas, banyak orang tak melanjutkannya dengan tindakan. “Itu kan bisa dilakukan nanti atau besok-besok saja,” mungkin begitu pikirnya.
Saat sebuah ide melintas, itu sebenarnya awal dari puluhan atau ratusan ide lain. Jika anda mengeksekusi ide pertama, ide-ide yang lain akan berdatangan. Meski awalnya anda hanya ingin mengirim email penawaran, banyak ide-ide besar di belakangnya.
Tapi karena ide yang datang pada anda tak segera dieksekusi, ide lainpun mati. Sangat sayang kan?
Baiklah, anda kemudian berjanji tak akan menyia-nyiakan ide. Tapi sebuah ide kadang datang saat anda sedang repot.
Jika itu yang anda alami, buatlah catatan- kecil. Catat apapun ide yang datang pada anda. Bisa di kertas, blocknote, atau handphone. Simpanlah catatan itu baik-baik seperti anda menyimpan uang. Karena ide sama berharganya dengan uang. Kemudian saat anda memiliki waktu luang, segera ACTION. Jadikan ide sederhana sebagai jalan mengubah nasib anda yang lebih baik selamanya.
Salam ACTION!
www.jokosusilo.com

Peningkatan Traffic JokoSusilo.com dalam Setahun


Terimakasih atas ucapan selamat dan dukungan dari semuanya. Ucapan teman-teman semua bagi saya merupakan energi yang tak terhingga untuk terus mengelola blog ini serta terus menulis artikel-artikel berkualitas bagi anda semua.
Masih dalam rangka setahun JokoSusilo.com, kali ini saya tuliskan lebih detil perkembangan blog ini. Saya awali dari perkembangan traffic yang melonjak drastis dalam setahun. Tujuan saya hanya ingin memotivasi anda bahwa traffic blog anda bisa dipicu sangat cepat, asal anda tahu cara dan langkahnya.
Satistik blog JokoSusilo.com
Satistik blog JokoSusilo.com
Waktu pertama blogging pada Januari 2008, blog ini hanya dikunjungi puluhan sampai paling banter ratusan orang per hari. Sehingga dalam sebulan tak sampai 10.000 pengunjung unik yang datang. Bagi saya pencapaian ini tentu sangat jauh dari kata “puas”. Tapi saya maklum, blog JokoSusilo.com masih baru dan tentu butuh waktu untuk menaikkan traffic.
Tapi saya pun tak mau terlalu berlama-lama untuk meningkatkan traffic. Maka beberapa rumusan blogging yang saya tahu, bertahap mulai saya terapkan. Dan hasilnya, setelah masa seret traffic  dalam tiga bulan pertama, hasilnya mulai kelihatan. Traffic terus menanjak tak terbendung. Terus meningkat dan meningkat. Sampai sekarang rata-rata dikunjungi 5.000 orang perhari.

Bukan itu saja. Traffic yang meningkat otomatis berpengaruh terhadap posisi ranking saya di Alexa. Dari yang awalnya berada di rangking 2 juta, lalu terus naik dan naik sampai sekarang berada di rangking sekitar 68.000.
Membludaknya pengunjung juga berdampak terhadap berlimpahnya komentar yang ada di JokoSusilo.com. Saat ini setiap artikel minimal mendapat 200 komentar. Bagi saya ini merupakan kebahagiaan yang tak dapat ditukar dengan apapun. Bisa berkenalan dan berbincang dengan banyak teman. Bagi saya menjadi kebahagiaan tersendiri bisa menjadikan JokoSusilo.com sebagai tempat yang nyaman bagi siapapun untuk ngobrol dan berdiskusi. Banyaknya respon ini membuat saya semakin bersemangat untuk terus mengelola blog ini dan membagikan segala ilmu yang saya tahu kepada anda semua.
Kepopuleran blog JokoSusilo.com juga terus meningkat. Terakhir saya cek di Google lebih dari 36.000 website yang membahas JokoSusilo.com dan itu dicapai hanya dalam waktu setahun. Semoga pencapaian ini akan lebih tinggi lagi di masa mendatang.
Semua pencapaian ini tak lepas dari dukungan teman-teman semua. Sekali lagi saya ucapkan terimakasih kepada seluruh teman yang ikut berkontribusi meramaikan blog JokoSusilo.com. Saya pun akan terus mensupport anda semua agar kita bisa bersama-sama bertemu di puncak sukses.
Salam ACTION!
www.jokosusilo.com

Terimakasih! JokoSusilo.com Berusia 1 Tahun


Tanggal 17 Januari 09, Blog JokoSusilo.com sudah genap berusia satu tahun. Saya ucapkan banyak terimakasih kepada teman-teman semua. Berkat anda semua blog ini tetap eksis dan menjadi salah satu blog bisnis internet paling populer di Indonesia.
Di hari spesial ini, saya akan menulis kilasan umum setahun blog JokoSusilo.com.
Sebelumnya, mungkin ada yang bertanya kenapa saya baru mulai blogging tahun 2008. padahal blog sudah lahir beberapa tahun sebelumnya? Begini…sebelum memutuskan blogging, saya banyak melihat dan mengamati perkembangan blogosphere. Dari sana saya melihat sebuah fenomena.
Banyak blog baru yang lahir tapi cepat jadi blog “kuburan”. Setelah lahir, beberapa saat kemudian jarang posting dan tak pernah diurusi lagi oleh pemiliknya. Tak banyak blog yang kemudian sampai mencapai level yang saya sebut sebagai blog sukses spektakuler.
Dari sana saya banyak mengambil pelajaran. Salah satu syarat blog bisa sukses spektakuler adalah jelasnya topik blog. Saya memilih niche bisnis internet. Sebab, bidang inilah yang saya geluti selama ini.
Selain itu, konten blog dan tampilan harus disajikan secara menarik. Karena saya ingin agar tulisan saya mudah dipahami oleh siapapun, maka saya buat secara ringan. Istilah-istilah sulit coba saya sederhanakan. Kebanyakan berbentuk tips agar anda mudah memahaminya.
Tampilan blog saya memakai theme Elegant Blue buatan Nathan Rice. Pertimbangannya, themenya simpel, bersih dan navigasinya jelas.
Blog sukses spektakuler juga harus mampu membangun komunitas. Sebab itulah basis utama kekuatan blog anda.
Saat awal mulai blog ini hanya dikunjungi ratusan orang tiap harinya. Sekarang sudah sekitar 5.000 orang per hari. Setahun ini menghasilkan 184 posting dengan jumlah komentar mencapai lebih 18.000 komentar. Artikel yang paling banyak dikomentari adalah Inilah 10 Kiat Membuat Blog Anda Jadi Makin Terkenal dan Meraup Sukses Besar dengan 443 komentar. Diikuti artikel Inilah 10 Aktivitas dan Promosi Offline Efektif untuk Mendorong Kesuksesan Bisnis Internet Anda dengan 407 komentar.
Perkembangan ini jelas tak lepas dari dukungan anda semua. Secara khusus saya mengucapkan banyak terimakasih kepada teman-teman yang ikut meramaikan blog ini. Seperti Mas Arief Maulana, Mas Hengky, Mas Agung, dan semua teman-teman yang tak bisa saya sebutkan satu per satu.
Berkat anda semua blog ini tetap eksis. Selanjutnya saya akan terus berusaha meningkatkan kualitas blog ini dalam segala aspeknya. Dalam beberapa posting berikutnya saya akan ulas secara lebih detil perkembangan dan pencapaian blog ini.
Silakan anda tuliskan saran, masukan, dan kritikan anda terhadap blog ini.
Salam ACTION!
www.jokosusilo.com

Inilah 6 Cara Meriset Pasar agar Bisnis Internet Anda Berjalan Lebih Lancar


Banyak orang bingung langkah apa yang pertama harus ditempuh untuk mempromosikan sebuah produk. Membuat situs web? Promosi offline? Atau yang lain?
Jika anda mengalami kebingungan yang sama, anda akan mendapatkan jawabannya nanti.
Kebanyakan orang memulai bisnis dengan membuat produk. Tapi untuk memastikan agar bisnis anda berjalan lebih lancar anda perlu meriset pasar terlebih dulu. Cara ini akan membantu anda mengenali potensi dan kondisi pasar dengan baik. Ini penting dilakukan karena kesuksesan pebisnis ditentukan pengetahuannya terhadap pasar yang ditargetkan.
Baik, mari kita mulai kenali potensi pasar di sekitar anda. Sebelum  anda meluncurkan sebuah produk, coba jawab pertanyaan-pertanyaan ini:
1. Apa nilai jual produk anda?
Sebelum anda mempromosikan produk, ketahuilah nilai jual produk anda. Apakah produk anda mampu memberi kesenangan pada calon pembeli? Memudahkan mereka mengerjakan tugas-tugas? Atau memberi mereka pengalaman baru?
Produk berupa alat biasanya digunakan untuk memudahkan seseorang melakukan sesuatu. Game atau permainan lain biasanya dicari karena dapat memberi kesenangan lebih. Sedang produk informasi biasanya dicari karena mampu memberi pengetahuan atau pencerahan baru.
2. Keunikan apa yang produk anda miliki?
Jika produk anda memiliki perbedaan khas dengan produk lain, itulah keunikan. Jangan anda sia-siakan keunikan produk anda, jika anda pintar mengelolanya keunikan akan menjadi nilai jual tersendiri. Gunakan keunikan produk anda untuk memikat calon pembeli. 
3. Berapa banyak pesaing untuk produk dan layanan yang sejenis?
Jumlah pesaing menjadi faktor penting yang menentukan hasil penjualan. Untuk produk kategori tertentu jumlah pesaing anda bisa mencapai jutaan, tapi pada kategori lainnya mungkin hanya puluhan.
Jika pesaing sudah terlalu banyak, anda akan mendapat kesulitan. Saya sarankan anda untuk mengincar kategori yang belum banyak digeluti orang. Karena pesaingnya relatif sedikit, anda punya peluang besar menguasai pasar. Contohnya seperti yang dilakukan Kiki4Hire, situs web tentang konsultasi karir. 
4. Berapa luas target pasar yang anda bidik?
Ukurlah luas target pasar anda dengan cermat. Maksudnya, apakah produk anda bisa diterima masyarakat luas atau hanya kalangan tertentu? Apakah produk anda bisa dipasarkan ke seluruh dunia atau hanya di Indonesia? Apakah bisa diterima semua usia atau hanya remaja? Apakah dibutuhkan oleh wanita atau pria saja? Pertanyaan di atas penting anda jawab. Data ini akan membantu anda mengambil keputusan. Mengenai pentingnya mengenali pasar ini dituliskan dengan saat baik oleh Mas Zams di sini.
5. Bagaimana tanggapan pasar pada produk atau layanan anda?
Saat melakukan uji coba pasar apa yang sebenarnya anda cari? Respon. Ya, anda mencari respon dari calon pembeli anda. Respon masyarakat biasanya berbanding lurus dengan permintaan. Meski tak ada jaminan, respon yang baik menggambarkan besarnya minat masyarakat. Jika anda memperoleh respon yang bagus, anda harus pintar mengelolanya. Gunakan respon dari calon pembeli anda untuk mengukur kapasitas produksi produk anda.
6. Strategi apa yang akan anda gunakan mengalahkan kompetitor-kompetitor anda?
Anda pasti tahu, dibidang manapun anda berbisnis pasti ada pesaing. Di dunia ini tak ada bidang yang benar-benar baru. Anda harus sadari hal itu. Jika anda menemukan kompetitor anda tidak perlu lari. Hadapi mereka dengan strategi. Kesempatan bagi pebisnis pemula akan tetap terbuka meski tampak sulit. Anda hanya harus menyiapkan strategi yang tepat.  
Kompetitor yang besar tidak harus selalu anda lawan. Anda bisa mengajak mereka bekerja sama. Dengan begitu anda akan mendapat keuntungan tanpa harus mengalahkan pesaing-pesaing anda. Ini cara yang sangat bijak bukan?
Cobalah 6 cara meriset pasar di atas. Tampaknya memang rumit, tapi akan terasa lebih sederhana saat anda mencobanya. Ingat, kesuksesan meriset pasar adalah awal kesuksesan bisnis anda.
Salam ACTION!
www.jokosusilo.com

Memoles Tampilan Blog Anda: Pakai Desain yang Memikat dan Font yang Tepat


Content blog memang penting. Tapi kini di era visual thinking, tampilan blog tak kalah penting. Meski isi blog anda sangat bagus, namun tanpa ditunjang penampilan mengesankan, blog anda potensial kehilangan banyak traffic. Aspek tampilan tak bisa dikesampingkan menjadi salah satu faktor pendongkrak menjadi blog sukses spektakuler.
Seperti apa tampilan blog yang baik? Layout model 2 kolom atau 3 kolom? Huruf apa yang dipakai? Silakan simak saja…
Dari mata turun ke hati… Begitulah kira-kira tipe pengunjung blog masa kini. Yang pertama kali mereka lihat adalah tampilan blog anda. Kalau cocok, baru menjelajahi seluruh isinya. Setelah itu mereka akan berkunjung rutin dan menjadi pengunjung setia. Sedang kalau merasa tak nyaman, yang mereka lakukan hanya mencari informasi yang dibutuhkan. Setelah itu, minggat tak kembali lagi.
Tak pelak, aspek tampilan menjadi faktor penting membuat blog sukses spektakuler. Karena dengan tampilan yang baik, tak acak-acakan seperti yang ditulis Mas Hengky, pengunjung merasa nyaman dan betah.  Mata tak sakit karena font yang dipakai terlalu kecil atau sulit dibaca. Penataannya rapi membuat pengunjung mudah menelusuri setiap inchi blog anda.
Desain dan pemilihan font! Dua hal ini yang perlu anda perhatikan untuk memoles tampilan blog anda.
Mari kita mulai dari desain blog terlebih dulu. Tapi sebelumnya, saya ingin katakan kalau dalam desain tak ada jawaban pasti seperti dalam ilmu matematika. Soal desain blog sangat bergantung tujuan, topik, dan target pengunjung blog anda. Yang saya sharingkan hanya panduan umum dan berdasar pengamatan saya terhadap blog-blog sukses.
Yang saya amati, blog sukses tak pernah menomorduakan aspek desain. Desain dianggap sama penting dengan content. Ada blog terkenal yang memakai model layout dua kolom, seperti Zen Habits. Tapi ada juga yang berlayout 3 kolom atau lebih, seperti Lifehacker. Tapi yang penting, prinsipnya desain blog dibuat seefektif dan sefungsional mungkin. Berusaha memanjakan pengunjung agar mudah dan nyaman saat ada di blognya, dan tak sampai tersesat.
Nah, kedua soal pilihan font. Pemilihan font yang tepat bisa membuat pembaca betah membaca, meski kadang cuma hanya men-scanning teks. Yang banyak saya amati, font di judul biasanya memakai font jenis Arial, Trebuchet MS, Lucida Grande, atau Georgia.
Sedang di tubuh artikel, kebanyakan blog memakai font tanpa kaki (sans-serif). Ada yang mengatakan kalau font tanpa kaki terlihat lebih jelas di layar komputer meski sampai ukuran yang kecil. Jenis font yang banyak dipilih adalah Verdana, Trebuchet MS, Lucida Grande, dan Arial. Contohnya, Verdana dipakai CopyBlogger dan Trebuchet MS dipakai Seth Godin,
Lalu berapa ukurannnya? Ukurannya bervariasi antara 10px sampai 14 px. Jangan terlalu besar tapi juga jangan kekecilan. Kalau blog JokoSusilo.com sendiri memakai font Trebuchet MS untuk judul, dan font Verdana di body teks.
Memoles tampilan blog anda agar menawan, membuat blog anda lebih disukai pembaca. Kalau blog anda sudah ramai, pasti uang mengalir deras ke kantong anda.
Oh ya, kalau anda pakai desain model apa dan font apa?
www.jokosusilo.com

Pentingnya Mental Positif dalam Bisnis Internet


Bila anda diminta memilih antara mental positif dan mental negatif, manakah yang anda pilih? Maukah anda setiap hari mengumpati nasib diri anda dan membuat dunia terasa begitu gelap dan mengerikan? Bahkan mungkin menyalahkan diri anda sendiri yang telah hadir di dunia?
Saya harap tidak.
Dalam bisnis dan terutama hidup anda, mental positif berperan sangat penting. Mental positif akan melahirkan pikiran positif, hati positif, dan tindakan positif. Semuanya akan membuat hari-hari anda lebih berbahagia. Sampai akhirnya kesuksesan sejati yang anda upayakan tercapai.  
Saya tahu, tak selalu keinginan kita bisa tercapai. Kadang mungkin kita merasa dunia begitu kejam. Banyak keinginan kita, tapi tak semuanya bisa kesampaian. Kita ingin ini itu tapi kok rasanya ada saja halangan dan rintangan yang membentang.
Dalam kondisi seperti ini, mental negatif mudah muncul. Segala aneka pikiran negatif mudah bersarang. Yang kemudian melahirkan tindakan-tindakan negatif. Dalam iklim negatif, kita mudah kehilangan fokus. Kita kehilangan arah apa yang semestinya kita perbuat. Kita jadi memandang segala sesuatu dari sisi yang melulu negatif. Ketika mental negatif telah menguasai diri kita, kita akan sulit untuk memperbaiki diri. Kita sulit untuk melihat ke dalam diri sendiri. Kita lebih suka untuk menyalahkan. Dan tindakan yang kita lakukan kerap tak logis dan tak produktif.
Padahal kalau kita mau amati, orang-orang sukses pastilah bermental positif. Sukses yang mereka raih berawal dari mental positif. Mental positif membuat mereka menjadi pribadi yang positif, menjadi penuh percaya diri, gigih dan full ACTION untuk berjuang mencapai cita-citanya.
Orang bermental positif selalu dipenuhi dengan perkataan “ya saya bisa!”. Walau kegagalan mungkin terjadi, mereka tak menganggapnya sebagai ujian yang harus dihindari. Tapi harus dilewati demi mencapai tujuan hidupnya.
Lalu bagaimana membangun mental positif?
  1. Miliki Tujuan yang Positif. Tetapkan tujuan positif anda di awal. Saat anda mulai berniat melangkah, anda harus telah memiliki tujuan. Karena tujuan itu yang akan memandu ACTION anda. 
  2. Tumbuhkan pikiran positif. Bila tujuan positif telah dipancangkan, selanjutnya tumbuhkan pikiran positif. Misalnya contoh sederhana dengan mengatakan kata-kata positif. Seperti “ya saya bisa!”, “ya saya sukses!”, “ya saya bahagia!” dst. Ucapkan itu secara rutin. Niscaya mental positif anda akan makin kokoh. Dan pikiran negatif enggan menempel pada benak anda. 
  3. Rawat perasaan positif anda. Penuhi perasaan anda dengan hal positif. Meski mungkin yang anda alami sama sekali tak mengenakkan, tapi coba cari hal positif apa yang terkandung dari kejadian itu. Dan rasakanlah… Karena perasaan yang positif melahirkan kebahagiaan. Serta melatih kesabaran seperti yang dikatakan Mas Yanuar.  
  4. Lakukan ACTION positif anda. Buat segala aktivitas anda bernuansa positif. Yang mengandung kebaikan. Dengan melakukannya secara konsisten, saya yakin tujuan yang telah anda tetapkan di awal bakal tercapai.
Anda bebas memilih mental apa yang ingin anda peluk. Kalaupun anda memilih mental negatif, saya hanya bisa berharap bukan hasil negatif yang didapat.
Sedang kalau anda memilih bermental positif, anda harus berkomitmen membangunnya. Dengan bermental positif, kita diajak belajar menemukan hal positif dalam segala masalah hidup kita. Berupaya mengubah persoalan menjadi peluang atau rintangan menjadi kesempatan.
Never Stop ACTION!
www.jokosusilo.com

Mendapat Blog Award, Apa Manfaatnya?


Menjelang akhir tahun sampai awal tahun baru lalu, terjadi limpahan award. Beberapa blogger saling menganugerahkan award ke blogger lainnya. Alur lengkapnya seperi yang dituliskan Pak Sumartono. Saling memberi award ini tentu kondisi positif bagi kondisi perbloggingan kita. Karena menunjukkan adanya apresiasi dan pengakuan dari satu blogger terhadap blogger lainnya.
Yang akan kita bahas di sini mengenai manfaat menerima award itu sendiri. Apa sajakah manfaatnya?
Manfaat mendapat blog award bisa dilihat dari beberapa sisi. Yakni dari penerima award dan dari pengunjung.
Bagi penerima award, ada sejumlah manfaat yang didapat:
  1. Tambah bersemangat blogging. Penerima award akan tambah bersemangat blogging. Pemberian award setidaknya akan membuatnya mempertahankan aktivitas blogging yang selama ini dilakukannya dan sebisa mungkin berusaha meningkatkannya. Award menjadi pengobar semangat untuk terus blogging. 
  2. Mendongkrak kredibilitas. Blog yang mendapat award tentunya telah melewati sejumlah penilaian. Terlepas dari apa ukuran yang dipakai, pastinya sebuah blog dinilai memenuhi ukuran tersebut. Sedikit banyak, kredibilitas blog tersebut ikut terdongkrak. Brand blognya pun semakin kuat. 
  3. Membuat blog kita terkenal. Adanya award membuat blog kita lebih terkenal. Paling tidak akan menjadi referensi bagi para pengunjung blog. Dan yang pasti membuat limpahan traffic ikut mengalir. 
Sementara, bagi pengunjung yang melihat suatu blog mendapat award, akan mendorong meningkatkan semangat bloggingnya. Kalau belum punya blog, mungkin segera beraksi membuat blog dan bahkan menjadikan si penerima blog award sebagai referensi utamanya. Mereka jadi tahu kepada siapa harus bertanya. Dan yang pasti, adanya award memudahkannya untuk menemukan blog yang berkualitas baik.
Mengenai award blog, kalau yang saya amati di luar negeri, biasanya dimasukkan dalam beberapa kategori. Misalnya ada blog tentang bisnis, blog tentang teknologi, blog mengenai binatang, blog pendidikan, blog hiburan, blog makanan, blog humor, blog tentang marketing, blog tentang agama, blog tentang parenting, blog pendatang baru terbaik, dan banyak lagi kategori lainnya.
Kategori semacam itu dimaksudkan untuk memudahkan penilaian. Agar blog yang dikompetisikan memang memiliki niche yang sama. Sehingga penilainya pun dapat menilainya berdasarkan kesamaan tertentu.
Dengan model semacam itu, pelajaran bagi kita adalah penting membuat blog yang spesifik. Blog kita tidak campur aduk isinya, tapi fokus pada topik tertentu. Dan berusaha betul-betul menjadi blog terbaik dalam niche tersebut.
Inilah eranya spesiliasi, bukan umum. Blog bertema spesifik akan lebih dicari dan disukai pengunjung ketimbang blog umum. Seperti juga di dunia nyata, dokter spesialis tarifnya juga lebih mahal dari dokter umum kan? :-D
Namun apapun, tujuan utama blogging adalah untuk bersosialisasi. Berkomunikasi dengan pengunjung dan berinteraksi multi-arah. Kalau itu sudah dilakukan, saya yakin traffic dan komentar di blog anda membludak.
Oh ya bagaimana pendapat anda? Silakan tuliskan komentar anda.
Never stop ACTION!
www.jokosusilo.com

4 Strategi Singkat Membuat Produk Informasi yang Menjual


Setiap orang saya percaya bisa menulis. Menulis dengan sangat baik bahkan. Tapi kalau menulis yang menjual dan terus dicari orang, mungkin tak banyak yang bisa melakukannya.
Kini strateginya akan saya bagikan untuk anda semua. Anda penasaran? Ya, sebaiknya iya. Tapi pesan saya, setelah anda pelajari, tolong langsung ACTION. Agar ilmu yang anda serap bisa bermanfaat.
Ok. Langsung saja. Bagaimana membuat produk informasi yang menjual? Dan apa rahasianya?
Rahasianya adalah memiliki kemampuan menulis sama baiknya dengan keahlian marketing. Bukan zamannya lagi kalau seorang penulis hanya mampu menulis saja. Tapi juga dituntut untuk dapat memasarkan hasil karyanya, tanpa selalu hanya tergantung bagian pemasaran.
Banyak kasus membuktikan justru pemasaran yang baik mampu mendongkrak produk yang biasa saja. Sebaliknya, produk yang bagus tapi tanpa ditunjang pemasaran yang hebat, penjualannya menjadi tak terdongkrak. Idealnya memang kedua hal tadi sama baiknya agar bisa saling mengisi. Dan yang lebih penting lagi, tak membuat pembeli kecewa.
Nah, kini yang kita bahas adalah strategi singkat membuat produk informasi yang menjual. Sejak awal kegiatan marketing justru diawali oleh si penulis sendiri. Berikut ini tipsnya:
  1. Topiknya menjual. Artinya topiknya memang dibutuhkan orang banyak. Tidak cuma beberapa orang saja yang membutuhkannya. Sebaiknya juga topiknya membahas aspek primer dari hidup manusia dan yang terus dibutuhkan sepanjang hidup manusia. Misalnya tentang keuangan, kesejahteraan, cara mencari uang, cara mencari kerja, dst. So, selalu tanyakan setiap anda berniat membuat produk informasi, apakah topik ini dibutuhkan banyak orang dan sepanjang zaman?
  2. Pelajari yang anda suka dan tuliskan pengalaman anda itu. Setelah anda tetapkan topiknya, terus coba cari apa kira-kira yang menarik minat anda. Lalu anda hanya perlu belajar tentang hal yang anda sukai itu. Cukup luangkan waktu 2-3 jam sehari untuk mempelajari bidang yang menarik minat anda itu. Sambil belajar anda praktekkan ilmu yang anda miliki. Dan setelahnya anda bisa tuliskan ilmu yang telah anda pelajari dan praktekkan itu.
  3. Kuasai copywriting. Sebagai penulis produk informasi, anda harus kuasai copywriting. Baik untuk menulis sales letter maupun dalam berpromosi. anda bisa meningkatkan kemampaun anda dengan membaca buku tentang copywriting. Tapi cara yang terbaik menurut saya adalah dengan belajar dari membaca sales letter. Coba anda kunjungi www.FormulaBisnis.com dan baca baik-baik sales letternya. Hal yang sama bisa anda lakukan setiap masuk ke website penjualan. Baca baik-baik dan terapkan dalam sales letter anda.
  4. Bangun personal brand anda. Memiliki brand yang kokoh perlu anda bangun sejak awal. Agar ketika anda telah meluncurkan produk informasi anda, anda telah dikenal sebagai seseorang yang kredibel. Membentuk personal brand bisa menggunakan blog.  Tentang personal branding ini juga sudah pernah dibahas oleh Mas Arief dan Mas Zams.
Keempat strategi ini bisa dikuasai seiring proses yang anda tempuh. Dan yakinlah, menulis dan menjual itu bukan hal sulit. Kalau keyakinan ini sejak awal tertanam dalam diri anda, anda akan melakukannya dengan enjoy.
Bagaimana?  Anda sudah siap membuat produk informasi yang menjual?
www.jokosusilo.com

Inilah 10 Langkah Membuat Situs Web Anda Menjadi Mesin Penghasil Uang


Coba bayangkan alangkah nikmatnya kalau anda bisa memiliki mesin penghasil uang. Anda tinggal duduk santai sambil menikmati teh hangat, dan mesin uang anda yang bekerja.
Jangan hanya mimpi! Jika serius, anda bisa memiliki bisnis seperti itu. Agar anda bisa mencapainya, saya tunjukkan caranya. Berikut 10 langkah menyulap situs web anda menjadi mesin penghasil uang.
  1. Temukan produk yang tepat. Kesempatan tadi bisa anda raih jika mengikuti sistem affiliate program.  Anda bisa buat produk sendiri di bidang yang anda suka. Jika tidak, anda bisa sebagai reseller produk yang sudah terbukti sukses. 
  2. Dapatkan web hosting dan domain. Untuk membuat situs web, anda harus memiliki web hosting dan domain. Banyak pilihan yang tersedia dengan biaya terjangkau. Anda bisa cari dengan mengetikkan “domain hosting” di search engine. Silakan baca panduan memilih web hosting berkualitas dan memilih nama domain yang memikat.
  3. Dapatkan program FTP. Selanjutnya, anda harus memiliki program FTP (File Transfer Protocol). FTP adalah salah satu yang anda perlukan saat membuat website. Beberapa software FTP seperti WS_FTP pro, smartftp, dan filezilla. Menggunakannya pun sangat mudah. Di produk SMUO yang bisa anda peroleh di www.FormulaBisnis.com, saya jelaskan dengan rinci. Saya yakin anda bisa cepat menggunakannya. 
  4. Cari program untuk membuat webpage. Nah, langkah selanjutnya anda harus membuat webpage. Disinilah tampilan web anda ditentukan. Untuk membuatnya, ada beberapa program yang bisa anda gunakan. Seperti Frontpage dan DreamWaver. 
  5. Buat squeeze page. Istilah squeeze page mungkin masih asing anda dengar. Tapi cara membuatnya tidak seasing namanya. Anda bisa membuatnya di akun autoresponder seperti di Getresponse atau Aweber. Atau bisa pula dengan software squeeze page.  
  6. Dapatkan auto responder. Auto responder berguna untuk merespon automatis, melakukan email marketing, berpromosi, mengirim newsletter, dan lainnya. Semua itu sangat dibutuhkan dalam internet marketing. Saya sendiri menggunakan GetResponse. 
  7. Beri informasi pada pembaca secara rutin. Agar tak putus hubungan, anda harus rajin berkomunikasi dengan pelanggan. Bisa dengan mengirimkan informasi kepada subscriber situs web lewat email. Atau bisa juga dengan mengupdate isi blog. Berdasar pengamatan saya, blog sekarang memiliki peran sentral dalam internet marketing. Tak heran, kalau blog menjadi tool wajib yang dimiliki pebisnis internet. Lebih lanjut simak kata Mas Wawan kenapa blogging itu cepat populer. 
  8. Cari affiliate program yang tepat. Kalau anda berniat menjadi affiliate, anda bisa cari produk yang tepat. Bisa dengan memanfaatkan search engine, anda ketikkan “affiliate + jenis produk yang anda inginkan”. Tapi perlu waspada terhadap affiliate program yang banyak beredar. Pastikan hanya pilih affiliate program yang menguntungkan anda.  
  9. Mulai mempromosikan situs web. Nah, inilah langkah terpenting yang menentukan kesuksesan bisnis internet anda: Promosi! Bisa dengan promosi gratis atau berbayar.  Kalau pilih promosi berbayar, sesuaikan dengan anggaran promosi anda. 
  10. Kualitas Pelayanan. Setelah pelanggan mulai berdatangan, jangan abaikan mereka. Berikan kualitas pelayanan terbaik. Jangan segan berkomunikasi dengan mereka. Sebab merekalah aset bisnis internet anda. 
Menerapkan 10 langkah ini secara disiplin dan konsiten, dijamin bisnis internet anda akan tumbuh dan berkembang. Sampai akhirnya menjadi mesin uang yang terus menghasilkan passive income.
Salam ACTION!
www.jokosusilo.com

3 Tips Ampuh Agar Bisnis Internet Anda Cepat Sukses Spektakuler


Saya ucapkan selamat datang di tahun 2009. Tahun ini saya sangat optimis bisnis internet lebih cerah. Anda pun saya yakin berpikir demikian. Bekal optimisme anda, membuat anda berani menanam resolusi baru, merancang setumpuk rencana, menyiapkan strategi bisnis, dan menancapkan target yang lebih tinggi.
Tapi apakah anda siap mewujudkan semuanya itu?
Rahasia sukses, kaya, mencapai kebebasan finansial, atau keberhasilan apapun, sebenarnya hanya satu: ACTION! ACTION adalah bagian terpenting dari proses anda berbisnis. ACTION adalah penyebab anda sukses. Tanpa ACTION, anda tak akan pernah mencapai yang diinginkan. Seperti kata Mas Arief, sukses adalah sebuah perjalanan.
Boleh saja anda punya segudang ide, punya setumpuk rencana, tapi tanpa ACTION, semuanya hanya akan teronggok dalam otak anda. Atau menjadi kertas yang tergeletak di atas meja. Semua karena tanpa ACTION.
Hal ini bisa terjadi pada siapa saja. Yang terpenting kita segera menyadari dan berjanji tak mengulangi lagi. Agar kerugian anda tak terus terjadi. Agar waktu-waktu yang anda lewati bisa lebih berarti bagi hidup anda nanti.
Bayangkan saja misalkan anda menunda berbisnis internet saat ini. Anda jelas rugi waktu. Anda kehilangan potensi penghasilan yang bisa anda peroleh. Anda memperlama hidup anda untuk mencapai kebebasan finansial. Terus bekerja demi uang dan bukan sebaliknya.
Setahun atau 3 tahun lagi, anda mungkin menyesal melewatkan hari ini. Hari saat anda berniat memulai bisnis internet, tapi mengabaikannya. Saat itu, penyesalan anda tak ada artinya lagi.
Sebelum penyesalan itu datang, saya ada tips yang bisa membantu anda. Tips ini boleh diterapkan dalam bisnis apapun. Boleh di bisnis internet atau yang lainnya. Bagi yang sudah berbisnis internet, tips ini akan menggerakkan bisnis internet anda mencapai sukses spektakuler.
Berikut ini tipsnya:
  1. Dorong diri anda untuk ACTION sekarang. Bukan nanti atau besok, tapi sekarang! Ucapkan dengan keras bahwa “saya ACTION sekarang”. Tanpa kata “akan”. Mungkin biasanya kita lebih suka berbicara daripada bertindak. Kita senang mengatakan kepada teman-teman kita kalau kita akan begini-begini dan begini. Kita merencanakan hal ini dan itu. Hal itu tak salah. Yang salah kalau kemudian kita jadi lebih senang mengatakan daripada melakukannya.
    Coba hitung berapa kali kita mengatakan ide-ide kita, tapi berapa banyak yang sudah kita ACTION-kan? Kuncinya dorong diri anda untuk ACTION sekarang dan pusatkan energi anda pada ACTION
  2. Dobrak belenggu penundaan. Makin lama kita menunda, makin “karatan” ide yang kita punya. Atau jika tidak, ide tersebut akan didahului dilakukan orang lain. Makin lama ide atau rencana hanya dipendam di otak anda, ide atau rencana itu akan makin lemah, makin kusam, dan kehilangan pancaran kekuatannya. Tak ada lain cara selain segera ACTION. Dobrak belenggu penundaan yang ada dalam diri anda. Singkirkan penghalang-penghalang untuk ACTION. Beraksilah secepat mungkin. Apa yang bisa lakukan terlebih dulu, lakukanlah. Tak harus menunggu semuanya tersedia.
    Ibarat menyusun puzzle, anda bebas mulai dari tengah, pinggir, atau bawah. Yang penting segera lakukan. Karena nantinya aksi-aksi anda itu yang akan membentuk potongan-potongan puzzle, menjadi gambar yang utuh.
    Juga tak harus mulai dari langkah besar. Anda bisa mulai dari langkah yang sangat kecil. Misalnya mulai berkomentar di blog, atau mulai mempromosikan ID anda. Makin cepat anda mulai, makin baik buat anda. 
  3. Selami ACTION anda. Mungkin mulanya anda tak tahu apa itu bisnis internet, tapi cukup dengan ACTION saja, perlahan pikiran anda terbuka dan mengenalnya. Kalau sudah seperti itu, selamilah. Anda akan mengenalnya lebih baik. Pengetahuan anda meningkat. Dan yang anda dapatkan pun lebih besar. Kalau kata Patrice, fokus adalah kunci utama membangun bisnis.  
Lakukan ketiga tips diatas, dijamin di pengujung tahun 2009 nanti, anda jadi orang yang berbeda. Menjadi orang yang jauh lebih sukses dibanding hari ini.
Selamat datang di 2009. Mari ACTION sekarang!
www.jokosusilo.com

Sentuhan Personal: Penting untuk Membuat Konsumen Anda Loyal


Suatu saat, anda tengah berdiri di pinggir jalan. Lalu tiba-tiba ada orang yang menyapa anda. Menanyakan kabar anda dan seterusnya. Bagaimana perasaan anda?
Wah, pasti anda akan senang. Sambil diam-diam dalam hati merasa jadi orang terkenal. Tapi bukan itu yang penting. Yang penting kemudian anda juga akan memberikan perhatian pada orang yang menyapa anda itu. Dan bahkan berusaha mengenalnya lebih jauh.
Contoh lainnya misalnya, suatu ketika anda bertemu dengan teman lama anda. Dan anda langsung bercakap dengan bahasa daerah teman anda itu. Pasti dia akan merasa senang. Walhasil hubungan anda jadi lebih akrab.
Inilah salah satu keajaiban sentuhan personal. Mereka yang semula sama sekali tak peduli pada anda, bisa langsung berubah 180 derajat. Memberikan perhatian pada anda dan menganggap anda sebagai temannya. Dan ingat, teman adalah aset yang tak ternilai.
Penggunaan sentuhan personal dalam bisnis internet amat penting. Bukan cuma untuk berkomunikasi, tapi lebih dari itu untuk menumbuhkan loyalitas konsumen.
Sentuhan personal juga lebih murah. Tak semahal kalau anda beriklan. Anda cukup mengingat nama mereka, apa hobi mereka, dan memberikan senyuman tulus. Dan saya jamin mereka akan memberikan perhatian yang lebih pada bisnis anda.
Memang menggunakan sentuhan personal hasilnya tak langsung kelihatan. Karena perlu berhubungan dengan konsumen secara satu per satu. Tapi saya yakin hasilnya akan lebih kekal. Konsumen anda loyal dan akan terus mengingat bisnis anda. Mereka akan menjadi pelanggan setia.
Nah, sekarang bagaimana sentuhan personal semacam ini bisa anda gunakan di bisnis internet?
Prinsipnya sama, hargai klien dengan memberikan pelayanan yang manusiawi. Seperti contoh di atas, sapalah klien anda dengan menyebut namanya saat anda mengirim pesan. Jika hal itu tidak mungkin anda lakukan secara manual, ada mesin autoresponder yang siap membantu.
Cara lainnya, ajaklah klien anda bercanda saat berkomunikasi. Buat mereka merasa nyaman dengan guyonan anda. Ini yang kemarin dilakukan presiden Obama untuk menjaring dukungan. Saat berkampanye di internet Obama tak pernah menganggap dirinya sebagai calon presiden Amerika. Ia memperlakukan teman-temannya di Facebook seperti seorang sahabat. Tidak hanya bicara masalah politik dan pemerintahan, Obama bahkan sering bercerita tentang hal yang lebih intim dengan para pendukungnya. Melalui cara seperti ini Obama bisa menjaga loyalitas pendukungnya hingga ia terpilih.
Bagaimana dengan anda? Apakah anda siap memberi sentuhan personal pada konsumen anda? Bicaralah seperti orang yang sedang duduk bersama di sebuah warung makan kepada mereka.
Yang jelas, anda mesti memperlakukan konsumen anda seperti sahabat. Ya, jadikan mereka sebagai sahabat anda.
Salam ACTION!
www.jokosusilo.com

Inilah 10 Aktivitas dan Promosi Offline Efektif untuk Mendorong Kesuksesan Bisnis Internet Anda


Tak selalu harus promosi di internet. Anda bisa manfaatkan aktivitas offline anda untuk menyukseskan bisnis internet anda. Ini penting, mengingat mungkin sebagian besar dari kita lebih banyak menghabiskan waktu untuk aktivitas offline.
Tapi bagaimana caranya? Tak usah khawatir. Berikut ini saya sampaikan 10 aktivitas dan promosi offline untuk mendorong kesuksesan bisnis internet anda.
  1. Pasang pamflet dan sebarkan brosur. Biaya untuk melakukannya cukup murah. Hanya butuh biaya fotokopi saja. Anda bisa tempelkan pamflet atau menyebarkan brosur itu di tempat-tempat strategis. Yang penting juga anda perhatikan adalah copywritingnya. Pastikan kata-kata dalam pamflet atau brosur itu menggugah pembacanya untuk tertarik dan beraksi. Anda bisa terapkan prinsip penulisan sales letter yang sudah anda baca di SMUO. Tapi jangan lupa disesuaikan, karena bentuk pamflet atau brosur dibatasi ukuran kertas. 
  2. Ngobrol dengan teman. Ini saya rasa yang paling gampang. Setiap bertemu teman, pastikan anda jangan lewatkan bisnis internet menjadi salah satu bahan perbincangannya. Anda bisa ceritakan bagaimana pengalaman anda sendiri saaat mengikutinya. Dan betapa luar biasanya bisnis internet dalam mengubah hidup manusia. Jangan ketinggalan sebutkan alamat website atau URL anda. Karena itu penting selalu membawa buku kecil  plus pulpen kemanapun anda pergi. 
  3. Singgung dalam pertemuan non-formal. Intinya sama dengan poin nomor dua. Tapi di sini anda berbicara dengan audience yang lebih besar. Misalnya seperti ketika anda mengikuti rapat RT atau arisan mingguan. Anda bisa singgung sedikit tentang bisnis internet yang anda jalani. Sebaiknya pilih pertemuan yang sifatnya tidak formal.  
  4. Iklan di koran dan televisi. Agar biayanya tak terlalu besar, anda bisa mulai dari iklan baris di koran. Dan sebaiknya beriklan di hari Sabtu. Karena iklan di koran hari Sabtu biasanya paling banyak dibaca. Hal yang sama bisa anda lakukan di televisi. Khususnya di stasiun televisi lokal. Karena di stasiun televisi lokal biasanya terdapat acara yang mengajak pemirsanya untuk berpromosi lewat iklan baris. Biasanya anda tinggal kirimkan SMS saja dan iklan anda ditampilkan dalam bentuk teks berjalan (running text).  
  5. Cantumkan URL di SMS. Mulai biasakan setiap mengirim SMS, cantumkan URL anda di akhir pesan. Anda tak harus menjelaskannya. Kalau penerima SMS-nya penasaran, pasti mereka akan mengunjunginya di internet, atau setidaknya langsung bertanya pada anda. 
  6. Kartu nama. Anda bisa cantumkan URL anda di kartu nama. Membuat kartu nama sekarang juga sangat murah. Bila malas membuatnya di percetakan, anda bisa membuatnya sendiri dan mengeprintnya. Kelebihan kartu nama juga biasanya selalu disimpan oleh penerimanya. 
  7. Buat stiker. Stiker yang bertuliskan URL anda, bisa anda pasang di tempat-tempat strategis. Misalnya di warung makan atau warnet. Juga bisa anda pasang di kendaraan anda. Saran ini pernah juga ditulis Mas Erick di sini.  
  8. Kaos. Ini medium iklan yang lebih mobile. Anda bisa bagikan atau gunakan sendiri kaos berdesain menarik dan tercantum URL anda. Cara yang sama bisa anda lakukan untuk benda lainnya seperti mug, tas plastik, payung, pulpen, topi, dan lainnya. Dan pastikan selalu anda pakai ketika bertemu dengan orang lain. 
  9. Bergabung dengan suatu komunitas. Dengan memiliki teman-teman baru, peluang sukses anda akan lebih besar. Anda bisa ajak mereka untuk bergabung dengan bisnis internet anda. Ingat, banyak teman banyak rejeki!  
  10. Buat wallpaper komputer. Buat wallpaper komputer yang berdesain menarik dan tercantum URL anda, serta pasang di layar komputer. Jika dipasang di komputer kantor, rekan-rekan kerja anda tak akan segan untuk menanyakannya. 
Banyak kan aktivitas dan cara promosi offline yang bisa anda lakukan. Saya yakin anda pun punya ide-ide lain yang tak kalah menarik. Yang jelas, melakukan promosi offline sangat efektif, khususnya untuk menjaring calon konsumen yang belum familiar dengan internet. Berkat informasi anda, bisa jadi mereka sangat berterimakasih karena anda telah membukakan jalan baru untuk kehidupan mereka yang lebih baik.
So, anda sudah siap mengoptimalkan aktivitas offline anda untuk kesuksesan bisnis internet anda? Anda punya ide lainnya untuk promosi offline? Mari kita berbagi di sini…
www.jokosusilo.com

Tren dan Prediksi Bisnis Internet 2009, Apa dan Bagaimana? (Bagian 1)


Menjelang tutup tahun seperti sekarang, biasanya anda akan disibukkan dengan banyak pekerjaan. Selain menyelesaikan pekerjaan yang belum kelar atau berupaya mengejar target yang belum tercapai, juga mulai mempersiapkan diri di tahun yang baru nanti. Segalanya dipersiapkan dan direncanakan sebaik mungkin. Agar target tahun depan bisa berhasil dicapai dengan baik.
Nah, agar perencanaan anda bisa lebih tepat arah, saya ingin berbagi dengan anda mengenai tren dan prediksi bisnis internet 2009. Tulisan ini saya bagi dalam dua tulisan.
Tren bisnis internet mendatang masih akan menjadikan model affiliate program sebagai primadona. Tak heran, karena affiliate program telah teruji dan terbukti mampu mendatangkan uang dalam waktu (relatif) lebih cepat. Dibanding dengan sumber penghasilan dari internet lainya, affiliate program masih yang paling menjanjikan.
Makin maraknya penggunaan model affiliate program dalam bisnis internet juga didorong jumlah pengakses internet yang makin besar. Tumbuhnya pengakses internet baru terutama dari kaum muda, yang rentang usianya dari 15-30 tahun. Kemampuan merebut pangsa besar itu sangat menentukan kesuksesan bisnis internet anda. Kesuksesan affiliate program yang berkembang pesat di internet pun akan menginspirasi untuk diterapkan secara offline.
Selain ramainya penggunaan model affiliate program, bisnis internet berbasis produk informasi juga jadi pilihan utama. Penjualan produk informasi lewat internet bakal makin fantastis. Ditambah dengan isi produk yang makin meluas dan variatif.
Tumbuhnya penggunaan produk informasi untuk berbisnis internet sangat wajar. Sebab ada permintaan yang sangat besar. Rata-rata orang ketika mengakses internet bermaksud mencari solusi atas problem yang dihadapinya. Lewat produk informasi, pebisnis internet berusaha membantu calon konsumen agar bisa memecahkan persoalannya. Bagi pebisnis internet sendiri, menjual produk informasi jauh lebih mudah dan murah. Serta menjanjikan income yang besar dan berkesinambungan.
Tren ini bagi reseller pun menjadi berkah. Sebab akan makin banyak pilihan produk informasi yang bisa dijual. Dan menyimak apa yang dikatakan Mas Umar Pujakusuma, ada betulnya kalau reseller malah bisa lebih sukses ketimbang pemilik produk.
Meski pemain di bisnis internet bermodel affiliate program dan menjual produk informasi terus bertambah, tapi dibanding pangsa pasar yang ada sebetulnya masih belum ada apa-apanya. Dari jumlah jutaan pengakses internet di Indonesia, saya yakin konsumen dari seluruh produk informasi yang ada paling masih dalam angka ratusan ribu orang. Untuk data dan statistik umum pengguna internet, Mas Zams telah menuliskannya.
So, segera bergegas dan mulai bisnis internet adalah pilihan terbaik bagi anda. 
Tren di atas juga menuntut merchant untuk terus berbenah diri. Selalu berupaya meningkatkan pelayanan agar para affiliatenya lebih mudah menjual dan terus menghasilkan keuntungan. Pebisnis internet pun dituntut makin kreatif untuk melihat peluang pasar baru. Lewat peluncuran produk baru yang lebih spesifik dan memenuhi keinginan pasar.
Apa lagi tren lainnya? Simak lanjutannya dalam artikel lanjutannya …
Kalau menurut anda, bagaimana tren dan prediksi bisnis internet 2009? Silakan berkomentar dan mari kita bahas bersama…
www.jokosusilo.com

toko-delta.blogspot.com

Archives

Postingan Populer

linkwithin

Related Posts with Thumbnails

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.