toko-delta.blogspot.com

menu

instanx

Minggu, 02 November 2008

WHY JUST 100%?

Oleh: Men Jung

Anda pasti pernah menerima tugas dari seseorang yang anda kenal dekat di lingkungan Anda. Orang tersebut bisa jadi adalah orangtua Anda, guru, dosen, atau bahkan atasan Anda. Bila Anda ingat-ingat kembali apa yang Anda lakukan terhadap tugas yang diberikan tentunya akan menjadi suatu renungan yang cukup berarti untuk tugas-tugas Anda selanjutnya. Tidak jarang kita menganggap tugas tersebut hanya sekedar sebagai tugas biasa sehingga saat kita mengerjakannya, kita pun bersikap biasa-biasa saja.

Anda pasti pernah mendengarkan cerita seorang bapak yang diminta atasannya untuk membangun sebuah rumah. Lantaran bapak ini berpikir bahwa ini hanya sebagai salah satu bentuk rutinitas pekerjaannya, dia melakukannya hanya dengan setengah hati dan membangun rumah tersebut dengan ’sedikit asal’, kualitas bahan bangunan serta cat yang digunakan adalah kelas ekonomis. Segera setelah rumah itu selesai dibangun, atasannya menyerahkan rumah tersebut kepada si bapak sebagai hadiah karena telah bekerja cukup lama di dalam perusahaan.

Dapat Anda bayangkan bagaimana perasaan si bapak ketika menerimanya. Tentunya, saya percaya ada sebuah penyesalan dalam hati karena tidak melakukan yang terbaik. Seandainya saja dia melakukannya dengan baik. Sayang memang, tapi apa hendak dikata, nasi sudah menjadi bubur.

Suatu ketika, Anda dimintai oleh atasan Anda untuk melakukan sesuatu. Anda melakukannya hanya sebatas karena itu tanggungjawab Anda. Hasil dari yang Anda lakukan ternyata biasa-biasa saja. Akibatnya atasan Anda pun hanya biasa-biasa saja terhadap Anda. Sementara rekan Anda yang lain melakukannya dengan lebih baik dari yang seharusnya. Alhasil, dia mendapat pujian, bonus dan lain-lain. Anda mulai mengeluh dan mulai berpikir bahwa atasan Anda tidak adil. Benarkah? Kita cenderung melihat segala sesuatu dari kacamata kita. Mari kita berganti posisi. Anggaplah Anda adalah atasan dari dua orang pekerja yang Anda beri tugas yang sama. Satu dari kedua orang tersebut melakukan dengan sangat baik, hasil yang baik bahkan di luar ekspektasi Anda. Sementara yang lain hanya biasa-biasa saja. Mana yang akan Anda hargai lebih? Silahkan Anda jawab sendiri.

Dalam kehidupan ini, sering kita hanya berbuat 100 persen bahkan mungkin kurang dari itu. Anda sendiri yang membuat potongan/diskon khusus sehingga menjadi hanya 90 persen, 80 persen, 5 persen, atau bahkan yang paling mengkhawatirkan hanya 10 persen. Lebih ironis lagi, Anda mengharapkan mendapat perlakuan yang sama dengan orang lain. Berapa kali Anda melakukannya 110 persen, 125 persen, 200 persen, atau bahkan lebih dari itu? Saya teringat sebuah pepatah dari orangtua saya yang mengatakan ”Apa yang Anda tabur, itulah yang Anda tuai”. Jika Anda berbuat baik maka niscaya hasilnya pun akan baik. Bila Anda berbuat lebih banyak dan lebih baik, maka hasilnya juga akan setimpal, lebih banyak dan lebih baik.

Martin Luther King, Jr. mengatakan ”If a man is called to be streetsweeper, he should sweep streets even as Michael Angelo painted, or Beethoven composed music, or Shakespeare wrote poetry. He should sweep streets so well that all the hosts of heaven and earth will pause to say, here lived a great streetsweeper who did his job well. Oleh karena itu, lakukanlah sesuatu dengan sebaik-baiknya. Para konsultan di McKinsey di dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya memiliki budaya perusahaan di mana setiap konsultan akan menanyakan kepada diri mereka sendiri apakah ada cara yang lebih baik mengerjakan sesuatu, bila masih ada lakukanlah itu. Sungguh budaya yang luar biasa. Semoga dapat menjadi inspirasi bagi kita bersama dan kita dapat mulai mengambil tindakan dari hal terkecil yang ada di sekeliling kita.[mj]

Catatan: Artikel ini dimuat di majalah People & Business, Edisi: Desember 2006.

* Men Jung adalah Transformation Coach dan People Development Trainer yang dapat dihubungi melalui email di menjung@gmail.com atau untuk informasi lebih lanjut tentang Men Jung dapat mengunjungi website www.menjung.com.

0 komentar:

toko-delta.blogspot.com

Archives

Postingan Populer

linkwithin

Related Posts with Thumbnails

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.