toko-delta.blogspot.com

menu

instanx

Senin, 27 Desember 2010

Saatnya Berburu Barang Cina yang MURAH !!












Perjanjian perdagangan bebas dengan Cina sudah dimulai. Hal iru berarti, siap atau tidak, produk Cina yang dikenal murah akan membanjiri pasar Tanah Air. Bagi masyarakat, inilah saatnya memiliki produk murah dengan banyak pilihan. Sebaliknya, tidak bagi pemerintah atau industri.

[100105bangket-cina.jpg]
DPR akan mengajukan hak angket atas kebijakan perdagangan bebas dengan Cina. Pemerintah pun sibuk membuat tim untuk memproteksi industri dalam negeri.


Menurut Direktorat Jendral Bea Cukai Thomas Sugijata, Selasa (5/1), kebijakan tersebut akan memukul industri dalam negeri yang masih dibebani biaya produksi tinggi dan banyaknya pungutan. "Akibatnya, harga jualnya pun tinggi," katanya.

Kini, setelah kebijakan itu berjalan, semuanya sibuk. Bukan hanya pemerintah sibuk membuat tim, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) juga rencananya mengajukan hak angket. Padahal, persiapan menuju perdagangan bebas sudah sejak lima tahun silam.

Tidak hanya industri yang terancam, pendapatan negara dari bea masuk juga akan menjadi taruhan. "Bukan tidak mungkin, pendapatan negara dari bea masuk akan turun," kata Thomas Sugijata.

Dengan dibentuknya tim dan hak angket yang juga sedang digagas, merupakan sedikit bukti bahwa Indonesia belum siap betul dengan kebijakan tersebut. Paling tidak, dibanding negara Asia lainya yang memiliki proteksi produksi dalam negeri. Sehingga bisa dibayangkan, tidak hanya kalangan industri yang khawatir namun pertumbuhan ekonomi juga akan terganggu.(BJK/SHA)

 http://klikunic.com

0 komentar:

toko-delta.blogspot.com

Archives

Postingan Populer

linkwithin

Related Posts with Thumbnails

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.