toko-delta.blogspot.com

menu

instanx

Rabu, 10 November 2010

Obama Bidik Pasar Kelas Menengah Indonesia


Obama menilai kelas menengah Indonesia tumbuh signifikan.
Rabu, 10 November 2010, 15:09 WIB
Nur Farida Ahniar, Bayu Galih
VIVAnews- Presiden Barrack Obama mengatakan Amerika memiliki banyak kepentingan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Tumbuhnya kelas menengah Indonesia dianggap pasar potensial bagi produk Amerika.

Obama mengatakan Indonesia penting bagi Amerika karena dengan tumbuhnya kelas menengah dan bertambahnya kemakmuran yang dinikmati rakyat sama dengan membuka pasar baru bagi Amerika. "Itu seperti halnya dengan Amerika yang menjadi pasar Indonesia."
Mengutip laporan ADB, jumlah kelas menengah Indonesia meningkat pesat selama 10 tahun terakhir seiring dengan terus tumbuhnya perekonomian negeri ini. Jika pada 1999 kelompok kelas menengah atas baru sekitar 25 persen atau 45 juta jiwa, namun satu dekade kemudian melonjak jadi 42,7 persen atau 93 juta jiwa.

Jika batasan orang lebih mapan dipersempit lagi dengan pengeluaran rata-rata di atas US$4 (Rp36 ribu per hari atau lebih dari Rp1 juta per bulan), maka jumlahnya 12 persen dari total populasi atau hampir 30 juta jiwa pada 2009. Ini meningkat pesat dibandingkan sepuluh tahun silam yang berjumlah hanya 9 juta jiwa.
Untuk itu, kata Obama, Amerika akan meningkatkan investasinya ke Indonesia. "Ekspor kita tumbuh hampir 50 persen, dan kita membuka pintu bagi Amerika-Indonesia untuk saling bekerja sama di bidang ekonomi," ujarnya di Universitas Indonesia Depok Rabu 10 November 2010.

Amerika juga memiliki kepentingan bersama dengan Indonesia dalam peranannya di percaturan ekonomi global. Menurut Obama, sudah bukan masanya 7-8 negara berkumpul membahas arah perdagangan global. Itulah mengapa G-20 saat ini menjadi pusat dari kerjasama ekonomi internasional.
"Negara berkembang seperti Indonesia memiliki suara dan tanggung jawab lebih besar," katanya. Melalui kepemimpinan dan komisi anti korupsi, Indonesia seharusnya bisa menjadi pemimpin panggung dunia dan memberikan contoh peningkatan akuntabilitas dan transparansi.

Amerika juga memiliki kepentingan terhadap Indonesia yang tengah mengejar pembangunan berkelanjutan. Itu mencakup bagaimana cara masyarakat yang tumbuh akan menentukan kualitas kehidupan dan kesehatan bagi planet bumi.
Atas dasar itu, Amerika mengembangkan teknologi energi bersih untuk industri dan melestarikan sumber daya alam yang berharga. Amerika juga menyambut baik kepemimpinan kuat Indonesia dalam upaya bersama secara global untuk memerangi perubahan iklim.

"Di atas segalanya, Amerika memiliki kepentingan terhadap keberhasilan masyarakat Indonesia. Apa yang digaris bawahi hari ini adalah kita harus membangun jembatan antara masyarakat kita, untuk keamanan masa depan dan kemakmuran bersama" tegasnya.

Dalam Kuliah Umum itu Obama menfokuskan pada tiga hal yaitu fundamental manusia, pembangunan, demokrasi, dan agama. (hs)
• VIVAnews

Masukkan Data-Data Anda Di Bawah! Dapatkan Petuah Sukses Secara Berkala - Selamanya GRATIS! :-)

Name:
Email:

0 komentar:

toko-delta.blogspot.com

Archives

Postingan Populer

linkwithin

Related Posts with Thumbnails

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.