toko-delta.blogspot.com

menu

instanx

Rabu, 10 November 2010

Pramono: Pidato Obama Makin Dekatkan AS-RI


Kedatangan Obama berujung pada peningkatan semangat demokrasi.
Rabu, 10 November 2010, 16:00 WIB
Ismoko Widjaya, Suryanta Bakti Susila
Barack Obama berbicara dengan Megawati disaksikan SBY (Antara/ Alif Ichwan)
BERITA TERKAIT
VIVAnews - Wakil Ketua DPR Pramono Anung menilai ada niat serius dari Presiden Amerika Serikat Barack Obama untuk lebih merekatkan hubungan Amerika dengan Indonesia. Kehadiran Obama di Indonesia harus dimaknai dalam semangat global.

"Kalau melihat pidato Obama semalam dan di UI (Universitas Indonesia) tadi, ada kesungguhan lebih mendekatkan kedua negara," kata Pramono Anung di Gedung Parlemen, Rabu 10 November 2010.

Politisi yang akrab disapa Pram ini menekankan, kedatangan Obama berujung pada peningkatan semangat demokrasi. "Dia (Obama) menyebutkan AS dianggap lawan bagi Islam, dia bilang bukan musuh. Termasuk dia sempat singgung soal pluralisme," kata Pram.

Pram menyayangkan, Obama tidak membicarakan teknis tentang perusahaan Amerika di Indonesia seperti Freeport dan blok cepu. Menurut Pram, persoalan perusahaan yang kerap menjadi perhatian di Indonesia itu semestinya turut dibahas.

"Semestinya ke depan benar-benar equal (setara). Benar-benar memberikan keuntungan pada saat kontrak karya," kata mantan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan ini.

Pram juga mengingatkan, kedatangan Obama jangan hanya sekadar adanya semangat karena Presiden AS ke-44 itu pernah tinggal di Jakarta. "Obama pribadi tidak bisa memisahkan dengan AS. Jangan hanya melihat historis pernah tinggal di Indonesia," ujar dia.

Dalam tiga kali kesempatan berpidato, Obama berkali-kali menyebut tentang adanya kedekatan emosional dengan Indonesia. Bahkan Obama tak lupa gedung Sarinah di Jalan MH Thamrin, makanan favoritnya bakso dan sate, hingga bermain layang-layang.

"Bila memanggil pedagang bakso dan sate, Bakso, Sate," kata Obama yang disambut gemuruh tepuk tangan di Balairung Universitas Indonesia, siang tadi. (adi)
• VIVAnews
Masukkan Data-Data Anda Di Bawah! Dapatkan Petuah Sukses Secara Berkala - Selamanya GRATIS! :-)

Name:
Email:

0 komentar:

toko-delta.blogspot.com

Archives

Postingan Populer

linkwithin

Related Posts with Thumbnails

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.