toko-delta.blogspot.com

menu

instanx

Selasa, 04 November 2008

HIPNOTERAPI UNTUK ATASI PROBLEM PSIKIS

Oleh: Yus Santos

Sejak tampilnya hypnosis di acara TV kontan ada banyak respon positif terhadap hypnosis. Meskipun masih ada tanda tanya bagaimana bisa orang dibuat lucu lucu seperti telpon memakai sepatu atau orang langsung berjoget ketika ketika mendengar musik dangdut. Itulah stage hypnotism atau hipnotis untuk hiburan. Faktanya adalah sangat berbeda dengan hipnoterapi atau hipnotis untuk penyembuhan. Kalau hipnotis untuk hiburan seperti disaksikan di TV, menekankan bahwa subjek hipnotis (yang dihipnotis) memang sebelumnya mau kerjasama untuk tampil di TV guna menghibur. Kata kuncinya adalah mau bekerjasama, alias dipersiapkan dahulu sebelum ditayangkan di TV.

Sejarah Hypnotherapy
Sedang hipnoterapi adalah ilmu hipnotis yang digunakan untuk pengobatan. Hynoterapy telah melalui perjalanan panjang dalam kasanah ilmiah barat. Mulai dari Anton Mesmer(1734-1815) seorang dokter asal Austria yang menggunakan hipnotis untuk menyembuhkan pasiennya dan cara yang digunakan Anton Mesmer dikenal dengan Mesmerisme. Sedangkan istilah hipnosis diciptakan oleh James Braid (1795-1860) seorang dokter asal Skotlandia dan mulailah hipnosis diterima sebagai ilmu pengetahuan dan metode terapi di Eropa. Beberapa tokoh besar yang menggunaan dan mengembangkan hipnoterapi adalah Jean Charcot neurolog asal Prancis, Sigmnd Freud, Milton Ericshon dan di Amerika sendiri sejak tahun 1950-an hipnoterapi diterima sebagai pengobatan secara resmi dan diajarkan di berbagai peruguran tinggi top. Sedang di Indonesia banyak psikiater (dokter ahli jiwa) menggunakan hipnoterapy sebagai salah satu metode terapi.

Gendam bukan Hypnotis
Namun tak dipungkiri ada salah kaprah di masyarakat kita bahwa hipnosis identik dengan gendam dengan atribut berbagai penipuan yang bersifat kriminal. Seperti di towel maka orang langsung linglung dan menyerahkan segala harta bendanya. Sekali lagi itu itu bukan hipnotism. Karena hal dasar dari hipnotis adalah yang subjek dengan sadar mau bekerja sama dengan hipnotist(penghipnotis) untuk melakukan proses hipnotis. Tanpa kemauan subjek, proses hipnosis tidak terjadi. Sedangkan gendam jelas sang korban tidak mau digendam namun tetap bisa digendam. Itulah beda hipnotis dan gendam. Beda lain hipnosis akan buyar artinya subjek akan menolak jika disuruh melakukan hal hal yang tidak sesuai dengan nilai nilai yang dianutnya, artinya subjek akan menolak jika disuruh berbuat jahat.

Apakah hipnosis itu? Meski ada banyak definisi tentang hypnosis, namun kesemuanya memilii benang merah arti yaitu:
• Proses Psikologis yang menciptakan hasil Fisiologis
• Proses yang diterima oleh pikiran yang tidak menganalisa
• Keadaan natural yang dialami setiap manusia
• Sebuah alat untuk memfasilitasi perubahan
• Saat Brainwave pikiran kita berada di Alpha, Theta

Sedangkan ada beberapa mitos yang keliru tentang hipnosis, mitos ini tidak benar dan perlu diluruskan. Mitos mitos itu adalah hipnosis adalah bentuk penguasaan pikiran, jelas pandangan ini tidak benar . Walau masuk dalam alam bawah sadar namun subjek masih bisa mengendalikan penuh terhadap dirinya sendiri, dengan kata lain jika subjek menolak dihipnosis maka hipnotist tidak bisa menghipnotis subjek. Pandangan keliru lainnya adalah hipnosisadalah praktek supra natural atau klenik ini salah besar, karena hipnosis adalah proses ilmiah yang merupakan ilmu dan seni komunikasi bawah sadar, atau seni komunikasi antara hipnotist dan subjek hipnosis. Jika komunikasinya tidak bagus maka proses hipnosis juga tidak terjadi.

Aplikasi Hipnoterapi dan Hipnosex.
Hipnoterapi secara ilmiah telah diselidiki dan diriset di pusat pusat riset dunia sehingga sudah diterima di USA sebagai pengobatan resmi. Sebagai terapi atau pengobatan hipnoterapi manjur untuk mengatasi segala macam phobia, alias ketakutan tidak rasional terhadap suatu objek tertentu seperti takut ketinggian, takut ruang gelap takut binatang tertentu dengan metode hipnosis phobia ini dapat dihilangkan dan prosesnya jauh lebih cepat dibandingkan metode terapi medis obat obatan.juga efektif untuk mengatasi gangguan penggunakan obat obatan drugs addiction (Narkoba) menghentikan kebiasaan buruk, menghentikan rokok seketika, juga insomnia alias sulit tidak. Selain itu hipnoterapi juga bisa membantu mengatasi berbagai penyakit serius seperi cemas alias neurosa berkepanjangan, gangguan belajar dan sulit konsentrasi pada anak dan remaja, gangguan nyeri, obsesif compulsive disorder (OCD), trauma, tidak percaya diri, stress berkepanjangan.

Selain terapi umum seperti di atas sekarang yang sekarang ngetren adalah hipnosex yaitu aplikasi hipnoterapi untk mengatasi berbagai problem seksual, clien yang datang ke tempat kami kebanyakan adalah masalah ejakulasi dini bahkan sampai disfunction ereksi alias loyo sebelum bertempur. Selain itu ada juga masalah gangguan libido alias gairah seksual yang menurun biasanya pada wanita sampai frigiditas. Namun hipnoseksual juga bisa mengatasi berbagai masalah dalam keluarga seperti bagaimana mengeliminasi ketagihan jajan di luar rumah alias extra marital sex. Nah caranya adalah dengan terapi perkawinan, bagaimana menghidupkan berbagai fantasi seksual dan membangkitkan aroma cinta yang mendalam. Beberapa pengakuan clien yang mengikuti terapi hipnosex merasakan sensasi luar biasa dalam hubungan keluarga. Sangat mesra kayak pas pacaran dan manten anyar. Selain itu sebagaimana ditulis di majalah intisari hipnoseks juga bisa digunakan untuk menambah area sensitif bagi pria dan wanita , seolah olah g-spot bisa ditambah di area lain diluar area kelamin. Hipno seks memang metode hipnoterapi yang digunakan untuk keharmonisan rumah tangga.

Aplikasi lain adalah untuk goal setting dan motivasi marketing dan sport. Kenapa ? sejak NLP (Neuro Languistic Programming) sebagai ilmu keunggulan manusia dikembangkan di Amerika. Ternyata digabungkan dengan hipnoterapi hasilnya luar biasa. Kami di Life Management Institute mengembangkan dua metode tersebut guna memberikan trainning maupun workshop berbagai perusahaan yang terakhir di dealer HONDA trenggalek dengan menggabungkan dua hal ini ternyata hasilnya sangat optimal penjualan langsung meningkat pesat. Kenapa? Karena model training yang menggabungkan NLP dan Hipnoterapy menjadikan peserta bisa membongkar mental blok ketakutan pada diri sendiri dengan cara berjalan di atas api tanpa trik tanpa magic. Nah workshop serupa juga kami berikan untuk public.

Tip Memilih Hipnoterapist
Nah bagaimana kalau Anda ingin berobat dengan metode hipnoterapi? Pilihlah hipnoterapist yang capabel, tanyakan sertifikasinya dari mana? pengalaman yang sudah bagaimana? Jangan sampai Anda tertipu dengan hipnoterapist yang hanya belajarhipnoterapi dalam kursus satu hari sudah berapi praktek. Karena kedalaman hipnoterapi sangat luas ilmunya sangat banyak dan tidak mungkin menjadi seorang ahli hipnoterapi dalam satu hari belajar.

Yus Santos, MM CHt, Alumni Pembelajar Writer School ”Cara Gampang Menulis Artikel dan Buku Best-Seller batch VI”, Chairman dari Alfa-Omega NLP-Hypnocenter Center, sekaligus Hypno Trainer dan Firewalking Couch

0 komentar:

toko-delta.blogspot.com

Archives

Postingan Populer

linkwithin

Related Posts with Thumbnails

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.