toko-delta.blogspot.com

menu

instanx

Sabtu, 08 November 2008

Keuntungan-keuntungan Luar Biasa yang Bisa Anda Nikmati Bila Pelayanan Konsumer Topcer Anda Terapkan

Oleh: Joshua W. Utomo, M.Div., D.Hyp., C.Ht.*


(Bagian 3)

“If we don’t take care of the customer…somebody else will.”

Artikel ini saya tulis sebagai lanjutan dari dua seri artikel saya sebelumnya, sekaligus untuk menjawab keraguan beberapa pembaca mulai yang masih mempertanyakan dan bahkan meragukan pentingnya pelayanan (service) konsumer dan peran kuncinya bagi kesinambungan, peningkatan, dan perkembangan usaha (perusahaan atau organisasi nirlaba) yang kita kelola.

Untuk lebih memperjelas perbincangan kita kali ini, saya ingin menyarikan pertanyaan-pertanyaan yang masih simpang-siur itu--baik yang secara implisit atau eksplisit masih meragukan akan pentingnya pelayanan (service) ini kedalam satu pertanyaan singkat berikut ini:

“Mengapa pelayanan (service) konsumer topcer ini memegang peran yang sangat penting (vital) bagi organisasi (laba dan nirlaba) yang kita kelola?”

Anda mungkin akan menemukan beberapa informasi atau pembahasan yang tertuang dalam artikel ini sudah pernah saya singgung sebelumnya lewat dua artikel saya yang lalu (Rahasia Satu dan Dua) itu. Ini saya sengaja dan ingat kesalahan bukan pada pesawat televisi Anda—ini semua ada maksudnya, kok yaitu: penerapan prinsip repetisi (pengulang-ulangan; silahkan membaca tentang prinsip yang sangat penting ini dalam artikel saya yang lainnya).

Baiklah, mari kita kembali pada pertanyaan singkat: ” Kenapa pelayanan (service) konsumer topcer ini memegang peran yang sangat penting bagi organisasi (laba dan nir-laba) yang kita kelola?” itu. Sebuah pertanyaan yang amat sederhana, namun, kini tugas kita untuk mencari jawabannya.

Untuk menjawab pertanyaan sederhana itu, saya pertama-tama ingin mengajak Anda untuk melihat keuntungan-keuntungan luar biasa dan yang mampu mengalirkan suasana yang amat positif yang bisa Anda, perusahaan Anda, dan para konsumer Anda nikmati bila pelayanan konsumer topcer ini Anda terapkan.

Anda mungkin masih bertanya-tanya: “Apa sih sebenarnya keuntungan-keuntungan (the profits), manfaat (the benefits), dan hasil positif (the positive results) yang bisa saya petik dari penerapan pelayanan konsumer topcer ini?” Jawabannya: ada banyak sekali keuntungan (the profits), manfaat (the benefits), dan hasil positif (the positive results) yang bisa Anda nikmati di antaranya:

1. Anda dan para staf Anda (konsumer dalam) akan merasa lebih santai, tenang dan senang saat melakukan aktifitas kerja. Suasana kerja benar-benar berubah menjadi lebih enak dan menyenangkan. Efektifitas dan efisiensi kerja pun tercapai dan terjaga dengan baik sehingga akhirnya tingkat produktivitas kerja pun akan meningkat secara signifikan pula.

2. Konsumer luar (External Client) Anda pun akan menjadi lebih senang dan lebih mudah untuk dilayani; kontak bisnis Anda dengan mereka akan berlangsung mulus dan berjalan dengan lancar.

3. Konsumer luar (External Client) dan para staf perusahaan(Internal Client) Anda pun pasti akan merasa puas dan senang. Mereka pun pada akhirnya tak akan segan-segan untuk mengungkapan ucapan terima kasih, apresiasi, dan penghargaan mereka pada Anda dengan tulus.

4. Reputasi, pamor, dan kebonafiditasan Anda sebagai pribadi sekaligus pengusaha pun akan naik dan,

5. Secara otomatis reputasi, pamor, dan kebonafiditasan perusahaan Anda pun akan semakin meroket saja;

6. Lalu ketika Anda/staf perusahaan Anda melakukan kesalahan, atau jika sekalipun ada sesuatu yang salah saat memproses transaksi Anda dengan para konsumer Anda itu, konsumer Anda pasti akan dengan senang hati, terbuka, dan murah hati memaafkan Anda/staf perusahaan Anda.

Sebenarnya masih banyak lagi keuntungan-keuntungan yang bisa Anda/staf Anda nikmati, bila Anda dan semua staf Anda berkenan menerapkan pelayanan konsumer topcer dengan baik dan sepenuh hati.

Apabila nanti Anda sekalian telah benar-benar menerapkan Rahasia Pelayanan Konsumer Topcer ini dan telah bisa menikmati keuntungan-keuntungan, manfaat, dan hasil positif darinya, silahkan mengirimkan e-mail Anda ke Pembelajar.com atau langsung kepada saya (prof_jw@yahoo.com). Terima kasih!

+++++++

Baiklah, kita telah membahas secara panjang lebar manfaat, keuntungan dan hasil positif yang luar biasa bagi Anda dan perusahaan Anda jika Anda menerapkan Rahasia Pelayanan Konsumer Topcer itu, sekarang apa manfaat, keuntungan, dan hasil positif yang bisa dinikmati oleh para konsumer Anda?

Satu prinsip lagi yang harus kita ingat: “Anda harus mampu memberikan jaminan nyata bahwa konsumer Anda akan mendapatkan dan bisa menikmati manfaat, keuntungan, dan hasil yang terbaik jika mereka melakukan transaksi bisnis dengan Anda”.

Prinsip penting selanjutnya: “Setiap konsumer pasti selalu mencari manfaat, keuntungan, dan hasil yang positif dan terbaik yang bisa mereka nikmati ketika melakukan transaksi bisnis entah skala kecil atau besar.”

Tanpa adanya jaminan nyata dari Anda dan perusahaan Anda bahwa mereka akan bisa menerima dan menikmati manfaat, keuntungan dan hasil terbaik dari transaksi bisnis yang akan mereka lakukan, kemungkinan besar mereka pasti akan segera menghentikan rencana bisnis mereka dengan Anda. Dengan kata lain: rencana tinggal rencana, transaksi bisnis hanyalah fantasi belaka.

Dan seperti yang saya sebutkan di awal artikel berseri ini: “If you don’t take care of your customer…somebody else will,” – jangan menangis atau menyesal bila konsumer-konsumer Anda itu akan segera meninggalkan Anda, lari mendekati perusahaan-perusahaan lain di sekeliling Anda. Mereka beruntung, sebaliknya Anda pun amat buntung!

Nah, untuk itu sekarang marilah kita membahas dengan tuntas keuntungan-keuntungan, manfaat, hasil positif yang bisa dinikmati oleh para konsumer perusahaan Anda bila Anda semua menerapkan pelayanan konsumer topcer:

1. Konsumer Anda pasti akan merasa senang, tenang, dan tak khawatir lagi saat menjalin transaksi bisnis dengan perusahaan Anda;

2. Konsumer Anda pasti akan merasa beruntung karena mereka merasa telah mengambil pilihan yang terbaik dengan melakukan transaksi bisnis dengan perusahaan Anda.

3. Konsumer Anda pasti tak akan pernah merasa ragu atau bimbang untuk terus melakukan jalinan bisnis dengan Anda di masa sekarang dan mendatang, karena mereka merasa yakin (seyakin-yakinnya) bahwa Anda pasti akan memberikan pelayanan Anda yang terbaik, yang luar biasa dan sangat professional ketika menjawab setiap pertanyaan, kekhawatiran, dan masalah mereka yang mungkin muncul saat melakukan kontak bisnis dengan perusahaan Anda.

Apabila nanti Anda telah menerima komplimen, sanjungan, dan komentar positif dari para konsumer Anda atas keberhasilan Anda menerapkan pelayanan konsumer topcer ini—silahkan kirimkan pengalaman Anda ke Pembelajar.com atau langsung kepada saya via prof_jw@yahoo.com.

Dan buat para konsumer sekalian bila Anda menerima pelayanan topcer jangan sungkan-sungkan kirimkan juga pengalaman Anda! Terima kasih!

* Joshua W. Utomo, M.Div., D.Hyp., C.Ht., adalah seorang psikoterapis, penyair, corporate trainer/entertainer, motivator/hipnoterapis, dan penulis yang sekarang sedang berkelana di Boston, AS. Dia adalah pendiri Heal & Grow Center™ (www.healandgrowcenter.com) sebuah pusat penyembuhan holistik. Bersama istrinya (Cynthia C. Laksawana) mendirikan Sanggar Kinanthi™(www.sanggar-kinanthi.com) dan JW Utomo Productions™ (http://masterhypnotistusa.tripod.com) sebagai wahana mereka berseni-budaya dan berkiprah bagi kemanusiaan. Dia dapat dihubungi via prof_jw@yahoo.com.

0 komentar:

toko-delta.blogspot.com

Archives

Postingan Populer

linkwithin

Related Posts with Thumbnails

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.