toko-delta.blogspot.com

menu

instanx

Minggu, 26 Oktober 2008

THE SECRET OF SELF-CONCEPT

Pernahkan Anda melihat ada seseorang yang tampaknya bisa “memiliki segalanya”, hidupnya berkelimpahan, bisa bepergian ke mana saja ia mau, bisnisnya lancar, fisiknya bugar, keluarganya harmonis, dan ia tampak begitu dihormati di mana saja ia berada. Sementara itu, sebagian besar orang yang hidup di dunia ini justru terpuruk ke dalam keadaan frustrasi karena hidup di bawah standar.

Kualitas personal apakah yang dimiliki oleh orang yang super sukses tersebut dan tidak dimiliki oleh kebanyakan orang lainnya, sehingga ia selalu dapat mewujudkan kehidupan yang diinginkannya?

Pasti ada suatu RAHASIA yang dimiliki baik secara sadar maupun tidak oleh orang yang super sukses tersebut yang dapat kita pelajari dan terapkan untuk mewujudkan kehidupan ideal sesuai standar yang kita tetapkan sendiri.

Baru-baru ini, buku THE SECRET tampaknya banyak dibicarakan orang. Dalam buku itu Rhonda Byrne mengungkapkan rahasia yang sebenarnya pernah ditemukan dan telah ditemukan lagi sepanjang sejarah. Memahami hukum di balik rahasia itu akan mengubah segalanya. Ide sentralnya adalah mengenai Hukum Gaya Tarik. Hukum mental ini secara sederhana berbunyi: “Segala sesuatu yang Anda pikirkan dalam benak Anda akan tertarik ke dalam kehidupan Anda.” Hidup yang Anda jalani seperti adanya sekarang merupakan produk sebab akibat. Cara Anda berpikir dalam hidup adalah seperti magnet yang menarik peristiwa-peristiwa yang terjadi ke dalam hidup Anda baik maupun buruk.

Sekalipun ada beberapa hal yang saya merasa tidak sependapat dengan konsep yang diajarkan THE SECRET seperti:

Rhonda Byrne dan para pendukungnya hampir meniadakan peran TUHAN dalam urusan-urusan manusia, sebagian lagi bahkan menyamakan alam semesta sebagai tuhan yang merespon semua hal yang kita pikirkan.

Byrne dan kawan-kawan terlalu mengutamakan pengejaran material, keapatisan sosial, dan menyalahkan korban untuk berbagai peristiwa menyedihkan yang terjadi dalam hidup mereka.

Namun, buku tersebut masih memiliki banyak hal baik untuk disampaikan, yang harus kita lakukan adalah meluruskan konsepnya.

TUHAN menciptakan dunia agar manusia dapat mengendalikan banyak hal melalui hukum-hukum alam yang begitu spesifik dan terukur sehingga kita dapat mengirim orang ke bulan dan mengembalikannya ke bumi dengan ketepatan hitungan per detik. Bukan tidak mungkin bahwa Ia juga menciptakan hukum-hukum mental supaya manusia dapat mengendalikan lebih banyak kehidupannya. TUHAN tetaplah pribadi yang menciptakan segala sesuatunya. Dialah Sang Pencipta, Sang Penyembuh, dan Sang Penolong yang memberikan harapan bagi manusia.

Pengungkapan RAHASIA ini hanya memberi kita lebih banyak akses untuk mendapatkan apa yang telah TUHAN ciptakan dan ini tidak dapat menggantikan kedudukan TUHAN.

Hukum Gaya Tarik dan Self-Concept
Semua hal yang Anda ketahui tentang diri Anda, semua hal yang Anda percayai, dan semua hal yang pernah Anda alami dalam hidup terekam dalam mental hard-drive kepribadian Anda, yaitu di dalam self-concept Anda. Self-concept Anda mendahului dan memprediksi tingkat performa dan efektivitas setiap tindakan Anda. Tingkah laku nyata Anda akan selalu konsisten dengan self-concept yang terdapat dalam diri Anda.

Self-concept Anda memiliki tiga komponen utama, yaitu:
Self-Ideal (Diri Ideal)
Self-ideal adalah komponen pertama dari self-concept Anda. Self-Ideal Anda terdiri atas semua harapan, impian, visi, dan idaman Anda. Self-Ideal adalah sosok seperti apa yang paling Anda inginkan untuk menjadi diri Anda di segala bidang kehidupan Anda.

Self-Image (Citra Diri)
Bagian kedua dari self-concept Anda adalah self-image. Bagian ini menunjukan bagaimana Anda membayangkan diri Anda sendiri yang akan menentukan bagaimana Anda akan bertingkah laku dalam situasi tertentu.

Self-Esteem (Jati Diri)
Bagian ketiga self-concept adalah self-esteem. Definisi paling tepat untuk menggambarkan self-esteem adalah seberapa besar Anda menyukai diri Anda sendiri.

Hukum Gaya tarik hanya akan bereaksi dengan tingkat pemikiran yang mendalam yaitu apa yang Anda rasakan di dalam self-concept Anda. Perubahan dalam self-concept Anda akan mengubah kehidupan lahiriah Anda. Perubahan dalam self-concept Anda akan mengubah realitas yang Anda hadapi. Apa yang Anda tayangkan pada layar mental Anda akan menarik orang, benda, situasi, kejadian, sumber daya, dan juga “keberuntungan” yang sejalan dengan karakter pikiran yang dominan pada self-concept Anda.

Langkah-langkah meningkatkan level self-concept Anda untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik adalah sbb:

Tentukan self-deal Anda dengan standar yang tinggi, dengan nilai-nilai dan visi yang jelas (Anda ingin menjadi orang seperti apa? Ingin memiliki apa? Tinggal di mana? Dsb.)

Secara bertahap sesuaikan self-image Anda untuk bisa sejajar dengan self-ideal Anda. Caranya adalah dengan melakukan latihan visualisasi (tentukan bagi diri Anda sendiri tingkah laku tertentu atau tujuan tertentu yang ingin Anda capai, lihatlah diri Anda sendiri memancarkan tingkah laku tersebut secara spesifik, terimalah adegan ini dan perubahan yang disajikannya sebagai sesuatu yang telah menjadi bagian hidup Anda).

Tingkat self-esteem Anda ditentukan oleh seberapa cocok self-image Anda, yaitu performa dan tingkah laku Anda saat ini dengan self-ideal Anda. Setiap kali Anda merasa sanggup menjalankan sesuatu pada tingkat yang paling baik, Anda akan merasa sangat puas dan self-esteem Anda akan melejit naik.[sb]

* Stephen Barnabas adalah penulis buku “Financial Self-Concept: Kunci Meraih KEKAYAAN dan KESUKSESAN Sejati” (Gramedia, 2008). Ia dapat dihubungi di email:

[Pembelajar.Com::]

0 komentar:

toko-delta.blogspot.com

Archives

Postingan Populer

linkwithin

Related Posts with Thumbnails

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.