toko-delta.blogspot.com

menu

instanx

Minggu, 26 Oktober 2008

SEHAT JASMANI ROHANI

Oleh: Johanes Koraag

“Jadi sekarang, sesungguhnya Tuhan telah memelihara hidupku, seperti yang dijanjikan-Nya. Kini sudah empat puluh lima tahun lamanya, sejak diucapkan Tuhan firman itu kepada Musa, dan selama itu orang Israel mengembara di padang gurun. Jadi sekarang, telah berumur delapan puluh lima tahun aku hari ini; pada waktu ini aku masih sama kuat seperti pada waktu aku disuruh Musa; seperti kekuatanku pada waktu itu demikianlah kekuatanku sekarang untuk berperang dan untuk keluar masuk.”
~ Alkitab, Yosua 14:10-11

Dr. Bob Delmonteque, pelatih kesehatan fisik dan mental John Glenn (astronot pertama yang mengelilingi orbit Bumi di tahun 1960-an), masih diminta NASA untuk menjadi pelatih di tahun 1998 saat John Glenn naik orbit lagi sebagai lansia. Pada usianya yang ke 84 tahun Bob masih bertubuh seindah Ade Rai, masih lari maraton, bersepeda, dan angkat berat. Bob terkenal sebagai pelatih kebugaran nomor satu di Amerika Serikat.

Seperti halnya Kaleb pada bacaan Alkitab kita kali ini dan juga Dr. Bob Delmonteque, kita juga bisa memiliki kesehatan dan kebugaran bahkan sampai di usia senja sekalipun. Kita harus yakin bahwa adalah kehendak Tuhan bagi setiap anak-anaknya untuk hidup dalam kesehatan, baik secara roh, jiwa dan tubuhnya. (3 Yoh.1:2)

Dengan memiliki tubuh yang sehat dan bugar kita memiliki kesempatan untuk melayani Tuhan dengan lebih baik dalam jangka waktu yang lebih lama. Beberapa tahun yang lalu di Indonesia ada seorang hamba Tuhan muda yang pelayanannya disertai pengurapan Tuhan yang luar biasa, namun secara mengejutkan meninggal dunia di usia 40-an.

Berdasarkan cerita para sahabatnya, ternyata gaya hidupnya berperan besar dalam meninggalnya hamba Tuhan tersebut. Ia dikenal menyukai makanan-makanan yang “berbahaya” bagi kesehatan, misalnya daging kambing, jeroan, buah durian, dan masih banyak jenis makanan lain yang bila dikonsumsi menimbulkan masalah bagi kesehatan.

Sahabat, seperti Kaleb, kita percaya bahwa Tuhan memelihara hidup kita. Tetapi kita juga bertanggung jawab untuk memelihara tubuh ini. Karena kita tidak menganut ajaran gnostik Yunani yang berkata bahwa, “Roh yang baik terpenjara dalam tubuh yang jahat.” Roh, jiwa, dan tubuh kita semuanya diciptakan Tuhan dan semuanya “baik”, serta berguna untuk melayani Tuhan.

Menjaga kesehatan dengan hidup seimbang, makan makanan sehat, cukup istirahat, berolah raga, tetap bersukacita, dan mengucap syukur dalam segala perkara adalah kunci untuk mendapatkan kesehatan jasmani rohani. Sudahkan Anda menjalaninya?[J-Ko]

* Johanes Koraag lahir di Nganjuk, 33 tahun yang lalu. Ia adalah seorang pendeta muda yang melayani umat di daerah Banjar, Jawa Barat. Johanes gemar menulis renungan dan dapat dihubungi melalui email: jfkoraag@gmail.com

0 komentar:

toko-delta.blogspot.com

Archives

Postingan Populer

linkwithin

Related Posts with Thumbnails

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.