toko-delta.blogspot.com

menu

instanx

Senin, 08 November 2010

Demokrat Kalah di AS, Obama Tetap ke RI


Partai Demokrat gagal mempertahankan dominasi mereka di House of Representatives.
Kamis, 4 November 2010, 19:07 WIB
Ismoko Widjaya, Bayu Galih
Presiden Barack Obama (AP Photo/Chris Carlson)

VIVAnews - Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa menegaskan kekalahan partai Obama, Partai Demokrat, di parlemen Amerika Serikat tidak akan mempengaruhi kunjungan Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Obama dipastikan tetap datang sesuai jadwal yang direncanakan.

"Tidak (mempengaruhi), sama sekali tidak. Hubungan Indonesia-Amerika Serikat tidak akan terdampak perkembangan dalam negeri Amerika Serikat itu," kata Marty Natalegawa di Istana Presiden, Jakarta, 4 November 2010.

Partai Demokrat gagal mempertahankan dominasi mereka di House of Representatives (DPR) setelah mayoritas kandidat mereka dikalahkan Partai Republik dalam pemilu legislatif. Meski demikian, Partai Demokrat tetap unggul di Senat, walaupun dengan selisih tipis.

Marty menjelaskan, dalam kunjungannya nanti, Presiden Obama dan Presiden Yudhoyono akan membahas kerjasama komprehensif. Artinya, masalah-masalah yang dibahas bukan saja meliputi masalah politik dan keamanan "melainkan juga masalah ekonomi, perdagangan, investasi, hubungan antar masyarakat, kerjasama di bidang pendidikan, lingkungan hidup, dan masalah kawasan."

Dalam kunjungan Presiden Obama selama dua hari di Indonesia, pada 9 dan 10 November mendatang, secara khusus akan dibahas peningkatan kerjasama di bidang pendidikan. Dalam 10 tahun terakhir, jumlah mahasiswa Indonesia yang menuntut ilmu di Amerika Serikat berkurang drastis.

"Dari 14 ribu menjadi 7 ribu. Kami mencoba akan mengatasi itu sehingga ada peluang besar bagi warga negara kita untuk studi di Amerika Serikat," ujar Marty.

Kunjungan Obama ini merupakan rangkaian lawatan presiden adikuasa itu selama sepuluh hari ke empat negara di Asia. Mulai 5 November, Obama akan melakukan kunjungan kenegaraan ke India, Indonesia, Korea Selatan, dan Jepang. (kd)
• VIVAnews
Masukkan Data-Data Anda Di Bawah! Dapatkan Petuah Sukses Secara Berkala - Selamanya GRATIS! :-)

Name:
Email:

0 komentar:

toko-delta.blogspot.com

Archives

Postingan Populer

linkwithin

Related Posts with Thumbnails

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.