toko-delta.blogspot.com

menu

instanx

Senin, 08 November 2010

SBY Utus Boediono Temui Obama


Presiden berhalangan hadir karena memilih berkonsentrasi pada agenda dalam negeri
Jum'at, 17 September 2010, 15:16 WIB
Renne R.A Kawilarang, Denny Armandhanu
Boediono dan Barack Obama (Antara/ Yopie Hidayat)

VIVAnews - Pertemuan antara para pemimpin ASEAN dan Amerika Serikat (AS) pada kerangka pertemuan ASEAN-US Summit akan digelar bulan ini di New York. Namun, pada pertemuan kali ini, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berhalangan hadir dan menunjuk wakilnya, Boediono, untuk bersama-sama dengan para pemimpin ASEAN bertemu Obama.

Demikian ungkap juru bicara kepresidenan bidang luar negeri, Teuku Faizasyah. Menurut dia, ketidakhadiran presiden pada acara yang berlangsung 24 September 2010 tersebut dikarenakan bentrok dengan agenda dalam negeri.

Lagipula, menurut Faizasyah, pengumuman tanggal ASEAN-US Summit tersebut dirasa mendadak dan kebetulan bersamaan dengan agenda presiden yang telah ditentukan jauh sebelumnya. Namun, tidak dijelaskan secara rinci agenda apa yang akan diikuti Yudhoyono pada tanggal itu.

“Presiden Yudhoyono tidak bisa datang menghadiri ASEAN-US Summit karena memiliki agenda pada tanggal 24 September. Agenda ini menyangkut masalah dalam negeri yang penting,” ujar Faizasyah, yang saat ini masih merangkap sebagai juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia.

Acara ASEAN-US Summit ini akan diadakan di sela-sela sidang tahunan Majelis Umum PBB di New York. Menurut Faizasyah, ASEAN adalah mitra penting bagi AS di berbagai sektor, terutama sektor ekonomi, mengingat ASEAN adalah mitra dagang terbesar keempat AS setelah Kanada, Meksiko dan Jepang.

Faizasyah mengatakan bahwa ketidakhadiran dalam pertemuan tingkat kepala negara ini janganlah dianggap sebagai ketidakacuhan Yudhoyono terhadap hubungan regional ASEAN dengan AS.

“Ketidakhadiran Presiden bukan berarti tidak menghormati forum tersebut. Dengan mengirim delegasi tertingginya, yaitu wapres, berarti kita juga telah menunjukkan penghargaan kita terhadap forum tersebut,” ujar Faizasyah.

ASEAN-US Summit pertama kali diadakan di Singapura pada 15 November 2009. Pada pertemuan yang berlangsung selama lebih dari satu jam tersebut, Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengatakan akan meningkatkan kerjasama AS dengan negara-negara ASEAN pada sektor pendidikan dan sosial budaya.

Para pemimpin negara tersebut juga sepakat untuk meningkatkan kerjasama ekonomi dan perlawanan terhadap terorisme. (sj)
• VIVAnews
Masukkan Data-Data Anda Di Bawah! Dapatkan Petuah Sukses Secara Berkala - Selamanya GRATIS! :-)

Name:
Email:

0 komentar:

toko-delta.blogspot.com

Archives

Postingan Populer

linkwithin

Related Posts with Thumbnails

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.