toko-delta.blogspot.com

menu

instanx

Senin, 09 Maret 2009

PENSIUN MUDA

Pensiun muda? Keren banget kan kalau lo n gue bisa pensiun dini di usia muda.
Akhir-akhir ini banyak didengung-dengungkan soal pensiun muda. Yang gue maksud dengan pensiun muda di sini, kita udah meraih kesuksesan di usia di bawah tiga puluh tahun. Kesuksesan di sini dalam lingkup Financial atau keuangan.
Dalam bukunya Kiyosaki di sebutkan bahwa ada 4 tahap permainan uang. Yakni
Tahap 1. Usia 25 tahun sampai 35 tahun.
Tahap 2. Usia 35 tahun sampai 45 tahun
Tahap 3. Usia 45 tahun sampai 55 tahun
Tahap 4. Usia 55 tahun sampai 65 tahun
Dan jika lo udah meraih kesuksesan kita di tahap satu ini lo sudah termasuk pensiun muda.
Gimana sih syarat minimal untuk pensiun muda? Yang jelas kalau kita bisa dapat penghasilan pasif minimal setara UMR (Upah Minimum Regional) kita udah bisa masuk katagori Pensiun muda.
Ok kita coba itung-itung dulu nih..
Katakan secara umum standart UMR kita Rp. 700.000,- Kita harus mencari suatu cara. Gimana cara kita untuk mendapatkan pasif income senilai Rp.700.000,- dalam satu bulan.
Yang pertama dengan mempunyai uang deposito senilai Rp. 150.000.000,- Kita akan mempunyai uang pasif senilai Rp.750.000,- per bulan.
Cara ke dua dengan memiliki aset yang bisa kita sewakan perbulannya senilai Rp.700.000,- atau Rp. 8,4jt per tahun. Aset tersebut bisa berupa Property atau Real Estate ( Tanah atau Rumah) atau aset yang lain seperti mobil atau yang lainnya.
Satu misal kita memmiliki rumah senilai Rp. 50.000.000,- n kita bisa sewain ni rumah senilai Rp.5jt.per tahun. Jadi kita butuh Rp.100.000.000,- untuk pensiun muda melaui bisnis Real Estate.
Jadi kita butuh 2 rumah untuk jadi orang yang Pensiun muda.
Atau bisa juga dengan memiliki kamar kost. Katakan saja beaya satu kamar senilai Rp. 150.000,- per bulan. Kita cukup dengan memiliki rumah kost yang terdiri dari 6 kamar saja kita udah bisa pensiun muda.
Gampang bukan? n masih banyak cara-cara yang lain untuk pensiun muda. Seperti dengan menjadi agen asuransi atau anggota MLM. Dan masih banyak cara yang lainnya.
Kalau standart minimum pensiun muda seperti yang telah gue sebutin tadi dia atas pasti banyak dong yang udah bisa mencapai? Bagi kalian-kalian yang dari lahir uda punya orang tua yang sukses. Lo semua udah dengan mudah ngedapatin itu semua.
N bagi yang nggak seberuntung mereka ya. Kita harus mulai dari nol alias dari bawah men. Tapi lo nggak usah kecil hati banyak kok anak muda yang sukses di usia muda yang sebenarnya mulia dari nol.
Satu contoh Bill Gate sukses di usia 25 tahun. Dan menyusul jutawan-jutawan internet lainnya yang bisa sukses di usia mudah. Bahkan ada anak yang pensiun muda alias udah sukses sebelum mereka lulus SMU. Jadi mereka disaat lulus sekolah nanti bakalan jadi nggak pernah sama sekali nulis surat lamaran kerja.
Sebenarnya dalam kalangan umum udah banyak juga sih yang udah mencapai kriteria tersebut.
Bagaimana kita bisa mencapainya? jawabannnya tergantung. Tergantung dari berapa income kita saat kita kerja secara manual.
Kita coba itung-itung lagi ya!
Jika kita menabung (perhitungan bunga di abaikan) Rp. 700 ribu per bulan kita butuh waktu kurang lebih 200 bulan untuk pensiun. Sekitar 16 tahun. Level karyawan toko, Office Boy, dll.
Jika kita menabung (perhitungan bunga di abaikan) Rp.1,5 jt per bulan kita butuh waktu kurang lebih 100 bulan untuk pensiun. Sekitar 8 tahun. Level buruh pabrik, Supervisior deptstore
Jika kita menabung (perhitungan bunga di abaikan) Rp. 3 jt per bulan kita butuh waktu kurang lebih 50 bulan untuk pensiun. Sekitar 4 tahun. Level Pedagang.
Jika kita menabung (perhitungan bunga di abaikan) Rp.5 jt per bulan kita butuh waktu kurang lebih 30 bulan untuk pensiun. Sekitar 2,5 tahun.
Jika kita menabung (perhitungan bunga di abaikan) Rp. 10 jt per bulan kita butuh waktu kurang lebih 15 bulan untuk pensiun. Sekitar 1 tahun 6 bulan. Level Store manager
Jika kita menabung (perhitungan bunga di abaikan) Rp. 20 per bulan kita butuh waktu kurang lebih 7 bulan saja. Level regional manager.
Untuk pensiun muda kita maksimal harus mencapai target finacial kita sekitar 5 tahun. N bagaimana bagi kita yang dalam posisi sebagai buruh yang cuma punya penghasilan umr. Jalan satu-satunya adalah dengan pindah kuadrant.
Dalam buku Rich dad Poor dad di jelaskan ada 4 kuadran
1.Kuadrant Employeer (pekerja)
2.Self Employeer (pedagang, Wirausahawan)
3. Business Man ( Pebisnis, berdagang dengan sistem jadi tidak dikerjakan sendiri seperti pedagang)
4. Infestor (penanam Modal)
Jadi jalan satu-satunya kita harus pindah kuadrant dari kiuadran no 1-2 ke kuadaran no 3-4.

0 komentar:

toko-delta.blogspot.com

Archives

Postingan Populer

linkwithin

Related Posts with Thumbnails

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.