toko-delta.blogspot.com

menu

instanx

Selasa, 02 November 2010

Posko Merapi Pakem Mulai Ditempati Lagi

Nasional

Posko utama pengungsian Merapi, Pakem, sempat dikosongkan karena terlalu dekat puncak.
Sabtu, 30 Oktober 2010, 18:09 WIB
Hadi Suprapto
Pengungsi letusan Gunung Merapi (ANTARA/Hari Atmoko)
BERITA TERKAIT
  • Panik, Pengungsi Merapi Tewas Tertabrak Truk
  • Abu Merapi Halangi Jarak Pandang di DIY
  • Ini Kronologi Letusan Merapi Dini Hari Tadi
  • Diselimuti Abu Merapi, Bandara Sempat Ditutup
  • Asap Hitam 3,5 km Menyembur dari Merapi
VIVAnews - Posko utama pengungsian korban letusan Gunung Merapi, di Umbulharjo, Pakem, Sleman, Yogyakarta, yang sempat dikosongkan sejak semalam, kini sebagian mulai kembali. Para pengungsi sudah diperbolehkan ke pengungsian utama setelah ledakan besar terjadi dini hari tadi.

"Sore ini sebagian pengungsi sudah ke Posko Pakem lagi," kata Komandan Lapangan Operasi Gunung Berapi Suseno saat dihubungi VIVAnews, Sabtu 30 Oktober 2010.

Pengosongan Posko Pakem dilakukan karena lokasinya masih sangat dekat dengan Merapi. Sebagian pengungsi lalu dievakuasi ke Universitas Islam Indonesia (UII) di Jalan Kaliurang, Sleman, Jogjakarta. Selain diungsikan ke kampus UII, sebagian lagi juga diungsikan ke dua lokasi yang lain.

Posko Utama Pakem setidaknya menampung 200 pengungsi yang sebagian besar adalah wanita dan anak-anak. Suseno mengatakan, sebagian pengungsi saat ini masih ditampung di GOR UII yang terletak di dalam komplek Kampus.

Aktivitas letusan Gunung Merapi dinyatakan sebagai tingkat aktivitas yang paling besar dalam beberapa tahun terakhir. Statusnya masih "awas" alias level 4.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana, Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Surono, mengatakan bahwa energi Merapi telah meningkat tiga kali lipat dari sebelumnya, yakni pada 1997, 2001, 2006. "Kami masih terus memantau," katanya. (sj)
• VIVAnews Masukkan Data-Data Anda Di Bawah! Dapatkan Petuah Sukses Secara Berkala - Selamanya GRATIS! :-)

Name:
Email:

0 komentar:

toko-delta.blogspot.com

Archives

Postingan Populer

linkwithin

Related Posts with Thumbnails

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.